Posted in: Pendidikan

Venus berbeda dengan Bumi

Venus berbeda dengan Bumi

Meskipun venus berukuran dan berbobot hampir sama dengan bumi, namun planet ini jauh berbeda. Venus merupakan planet terpanas, sebagian karena atmosfer tebalnya menangkap sejumlah besar panas matahari melalui efek rumah kaca yang jauh lebih extreme daripada di bumi. Seperti halnya merkurius planet ini juga dapat dilihat dengan mata telanjang, venus biasanya terlihat di sebelah timur sebelum matahari terbit, sehingga venus di sebut bintang timur atau bintang pagi. Kadang-kadang juga venus terlihat di sebelah barat sebelum matahari terbenam, sehingga venus dinamakan bintang senja, bintang barat, atau bintang kejora.

Venus adalah sebuah planet yang kering, gurun pasir terhampar di permukaannya hampir tidak ada air di sana berbeda sekali dengan keadaan permukaan bumi yang sebagian besar merupakan lautan. Di sana juga terdapat kawah – kawah, tetapi tidak sebanyak yang ada di bulan atau Merkurius. Melihat hal – hal itu sebutan Venus sebagai saudara kembar bumi menjadi tidak tepat lagi.

Galileo melihan planet ini berbentuk sabit seperti bulan muda atau bulan tua. Ini menunjukkan bahwa venus adalah benda gelap seperti bulan hanya bagian yang disinari matahari saja yang dpat dilihat. Seperti juga sabit bulan, bentuk sabit Venus juga berubah – ubah. Kadang – kadang bentuknya tipis seperti kuku dan kadang – kadang besar. Dengan mempelajari berubahnya bentuk sabit itu Galileo memperoleh bukti bahwa Venus memang bergerak mengelilingi matahari bukan mengelilungi matahari.

  1.   Hydroxyl ditemukan di Atmosfer Venus

Hydroxyl adalah molekul penting yang susah dideteksi. Molekul ini tersusun dari atom hydrogen dan oxygen. Molekul ini ditemukan di permukaan venus, sekitar 100 KM diatas permukaan atmosfer venus yang menemukan adalah Venus Express (wahana luar angkasa yang memiliki misi mendalami planet venus)

Molekul membingungkan ini berhasil dideteksi setelah menjauhkan venus express dari permukaan venus dan mengamati permukaan venus yang  meredup. Hydroxyl dideteksi dengan mengukur tingkat infra merah yang dipancarkan oleh venus.

Ada  pemikiran yang menyatakan bahwa hydroxyl ini penting untuk atmosfer planet lain karena sangat reaktif. Di bumi sendiri, hydroxyl ini perperan untuk membersihkan polutan dari atmosfer dan membantu menjaga kestabilan karbon dioksida, mencegahnya berubah menjadi karbon monoksida.Di Mars, hydroxyl berperan untuk menjaga kesterilan tanah, mencegah mikroba masuk ke permukaan Mars.

Di Atmosfer bumi, Hydroxyl sangat berkaitan dengan banyaknya ozone yang menyusun atmosfer permukaan bumi. Para ilmuan peneliti Venus masih mengkalkulasi perkiraan jumlah ozone yang terdapat padaatmosfer  planet venus. Kondisi Hydroxyl di Venus sendiri tidak stabil bisa mencapai 50% di satu sisi dan melemah atau menguat di sisi lain, hal ini tentu juga berarti bahwa jumlah ozone yang ada di planet ini juga tidak stabil.

sumber :

https://apkmod.co.id/jasa-penulis-artikel/