Tips Membeli Mobil Bekas
Posted in: Pendidikan

Tips Membeli Mobil Bekas

Tips Membeli Mobil Bekas

Tips Membeli Mobil Bekas

Mencari,memilih maupun Membeli sebuah mobil bekas memang gampang-gampang susah, bagi kita yang belum tahu dan belum terbiasa mencari mobil bekas yang berkualitas memang sangatlah membingungkan. Terlebih lagi saat ini ada begitu banyak dealer mobil bekas atau oto bursa yang jual mobil bekas dari berbagai merek terkenal. lalu Bagaimana Tips cara membeli mobil murah yang berkualitas ?? untuk mendapatkan mobil bekas dengan harga murah yang baik,bagus dan berkualitas memang sangat ditentukan oleh kejelian kita.

Setelah Anda mempersiapkan anggarannya langkah selanjutnya adalah memilih jenis mobil yang Anda inginkan, maka saatnya bagi Anda untuk pergi membelinya. Membeli mobil tentu saja tidak selalu berarti bahwa Anda harus pergi ke dealer mobil bekas. Bisa saja kita membelinya langsung dari sang pemiliknya. Tapi, yang paling penting adalah bahwa kita harus tetap pada rencana semula dan mematuhi anggaran yang sudah dibuat.

Yang terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperlihatkan bahwa kita sudah tahu apa yang akan dibelanjakan dan kita sedang mencari mobil dengan merek tertentu yang memiliki manfaat seperti yang kita inginkan.

Jangan pernah langsung membeli mobil tanpa lebih dulu mempertimbangkannya, walaupun jika mobil itu diiming-imingi diskon murah sekalipun. Mobil dengan harga murah belum tentu bisa memenuhi kebutuhan Anda. Tidak perlu terburu-buru. Lihat semua pilihan yang tersedia. Gabungkan seluruh informasi dari dealer-dealer mobil yang sudah Anda kunjungi dan bandingkan harganya satu sama lain.

Selanjutnya jika kita sudah yakin dengan pilihan kita cek secara seksama seluruh bagian dari mobil bekas incaran kita tersebut. Jangan sampai ada satu bagianpun yang terlewatkan, hal terebut untuk menghindari penyesalan di kemudian hari.

Ajaklah mekanik bengkel mobil kenalan kita yang betul-betul paham benar soal mobil bekas, bagaimana kondisi mesinnya dan bagaimana kondisi baik bodi dan komponen-komponen lain. Usahakan ada gambaran yang jelas tentang kondisi mobil yang akan kita beli.

Jika sudah pasti dengan pilihan kita, sisihkan anggaran untuk pergi ke bengkel mobil. Dengan mengetahui kondisi mobil bekas incaran kita bisa mengira-ngira kerusakan apa saja yang ada, sehingga kita bisa mematok anggaran untuk perbaikan.

Karena kita membeli mobil bekas dipakai orang lain kita tidak tahu kondisinya. Untuk itu bengkel mobil yang dipercaya bisa kita minta untuk melakukan general check up terhadap mobil bekas yang baru kita beli.
ini, kami berikan langkah-langkah pemeriksaan mobil bekas,

Langsung saja Anda baca di bawah ini. 

  1. Dalam memilih mobil bekas haruslah bersabar. Tinggalkan apa bila penjual harga yang akan ditawarkan terlalu tinggi.
  2. Anda harus tahu berapa harga pasaran mobil bekas yang dibeli, dan mulailah menawar dengan harga dibawah harga tersebut. Lebih mudah menaikkan tawaran Anda daripada menurunkan harga tersebut. Informasi harga mobil bekas dapat diketahui dari situs-situs otomotif.
  3. Ketika telah mengumpulkan data harga saat memilih mobil bekas, jangan langsung mempercayai hasil data yang Anda peroleh tersebut. Ingat, setiap penjual pasti mengharapkan keuntungan yang besar. Jadi, rata-rata harga mobil bekas tersebut sudah merupakan harga yang telah dinaikkan atau belum tentu harga pasar mobil bekas tersebut.
  4. Harus anda ingat, ketika akan membeli mobil bekas tersebut, bisa juga berarti Anda membeli problem orang lain. Pastikan Anda telah mengetahui sejarah mobil yang akan Anda beli termasuk juga perawatannya. Hal ini bisa kita ketahui dari kartu perawatan mobil tersebut. Cari informasi seakurat mungkin termasuk apakah mobil tersebut pernah terendam banjir, turun mesin, kecelakaan dll. Sebelum membeli mobil tersebut mintalah mekanik yang ahli untuk memeriksa mobilnya.
  5. Test Drive. Usahakan mendapat izin kesempatan untuk melakukan Test Drive dengan jarak sejauh mungkin dengan aneka bentuk jalan. Bisa juga Anda mencoba ke daerah dimana mobil itu sering digunakan. Dengan test drive ini Anda dapat mengetahui masalah yang terdapat pada mobil tersebut.
  6. Hati-hati juga dengan pemalsuan pada odometer. Hal seperti ini banyak dilakukan penjual yang nakal demi untuk meningkatkan value mobil yang akan dijualnya. Jadi jangan penah tertipu pada angka-angka yang tertampil di odometer tersebut.
  7. Bukalah tutup pada mesin tersebut dan perhatikan baik – baik apakah terdapat belt yang aus, pipa bocor, oli berceceran dan juga periksalah apakah seluruh indikator bekerja dengan baik, demikian juga dengan lampu indikator.

Dan secara umum sebagai berikut: 

Tips Membeli Mobil Bekas#1 Kelengkapan dokumen

Mulai dari STNK, BPKB, faktur pembelian (asli), dan dokumen-dokumen. Tuk mengecek keabsahannya, bisa tanyakan ke Samsat Polda.

Tips Membeli Mobil Bekas#2 Cek fisik
Proses cek fisik di sini bukan meneliti bagian keropos atau bekas tabrakan. Bawa kendaraan ke kantor samsat, tentu seizin pemilik, tuk memastikan bahwa yg tertera di dokumen sesuai dgn yg di mobil.

Tips Membeli Mobil Bekas#3 Service record
Dilakukan pada bengkel resmi tempat mobil selalu diservis. Bila mobil yg diinginkan dari ruang pamer mobil bekas, mintalah izin tuk dicek di bengkel resmi pilihan atau bengkel kepercayaan anda.

Tips Membeli Mobil Bekas#4 Aksesori non-standar
Pemasangan aksesori yg berlebihan, seperti velg lebar, audio, modifikasi eksterior, interior, dan mesin. Semua itu bisa menggugurkan masa asuransi. Konsultasikan masalah ini saat Anda memeriksakan mobil ke bengkel resmi.

Tips Membeli Mobil Bekas#5 Masa berlaku garansi
Tanyakan periode dan detail garansi ke bengkel resmi saat memeriksakan mobil. Pastikan garansi masih berlaku.

Tips Membeli Mobil Bekas#6 Kondisi bodi
Perhatikan lipatan fender tuk melihat jejak, apakah mobil pernah dipasangi velg lebar. Bila pernah, hal itu berpotensi memperpendek umur komponen kaki-kaki.

Tips Membeli Mobil Bekas#7 Kelengkapan standar
Periksa bagian audio, lampu kabut (foglamp), defogger, dan lain-lain. Bila sudah diganti dgn komponen aftermarket seperti lampu utama, pastikan penggantian tidak mengganggu garansi.

Tips Membeli Mobil Bekas#8 Recovery kit
Pastikan ban serep, dongkrak, kunci roda, tool kit standar, dan segitiga pengaman masih lengkap.

Tips Membeli Mobil Bekas#9 Lakukan tes drive mobil
Rasakan benar kondisi mobil saat berjalan. Bila terasa berat, cenderung berbelok kearah kiri atau kanan, jangan dibeli. Lewati pula jalan yg kurang rata. Hal ini tuk mentes kondisi kaki-kaki mobil.

Tips Membeli Mobil Bekas#10 Asuransi
Asuransi bisa dipindahtangankan melalui proses balik nama pada perusahaan asuransi yg menjamin kendaraan yg hendak dibeli. Tentu, dokumen jual-beli harus komplet. Dgn begitu, proses pun lancar.

Pastikan mobil yang akan Anda beli adalah mobil yang berkualitas bagus dan masih layak untuk Anda gunakan, semoga tips – tips di atas membantu para pencinta mobil dan harapan kami anda tidak menyesal dengan pilihan anda. Demikian Kutipan tentang Tips Membeli Mobil Bekas.


Sumber: http://blog.ub.ac.id/petrusarjuna/seva-mobil-bekas/