Suku Quraisy
Posted in: Perikanan

Suku Quraisy

Suku Quraisy

Suku Quraisy

Quraisy berasal dari Bahasa Arab yang artinya adalah suku bangsa Arab keturunan Ibrahim as. Mereka tinggal dan hidup di Mekkah dan daerah sekitarnya. Quraisy yang hidup di Mekkah disebut Quraisy Lembah, sementara yang lain tinggal lebih jauh mengelilingi Mekkah dikenal dengan Quraisy Pinggiran.

Penamaan Quraisy berasal dari Fihr yang merupakan leluhur Nabi Muhammad SAW, nabi dan rasul utama agama Islam. Dimana Fihr kemudian menurunkan sampai Qushay bin Kilab.

Garis Keturunan Suku Quraisy:

  1. Ba’idah artinya punah.

Merupakan suku yang pernah tinggal di Jazirah Arab dan telah punah. Sejarah mereka sedikit sekali yang dapat diketahui, kebanyakan berasal dari Perjanjian Lama dan Al-Qur’an. Selain itu dari penggalian-penggalian arkeologis yang ditemukan. Mereka termasuk ‘Ad, Tsamud,  Tasam, Jadis, Imlaq dan lainnya.

  1. Qahtani

Menurut dugaan mereka berasal dari keturunan Ya’rub bin Yasyjub bin Qahtan bin Hud, sering pula dikenal dengan Arab Qahtan. Mereka kebanyakan tinggal di Yaman dan kemudian menyebar ke daerah lainnya. Peradaban mereka diketahui cukup tinggi. Dibuktikan dengan penemuan-penemuan arkeologis yang mengungkapkan cara kehidupan mereka. Keturunan dari Qahtani ini ada yang menyebar sampai ke Yatsrib, nama kuno untuk Madinah, yaitu Bani ‘Aus dan Bani Khazraj yang dikenal sebagai Kaum Anshar.

sumber :

https://icbbumiputera.co.id/simpler-contacts-dialer-apk/