Sejarah perkembangan koperasi di Indonesia
Posted in: Pendidikan

Sejarah perkembangan koperasi di Indonesia

 Sejarah perkembangan koperasi di Indonesia

 Sejarah perkembangan koperasi di Indonesia
Sejarah perkembangan koperasi di Indonesia

Sejarah lahirnya koperasi

* Koperasi pertama kali dipelopori oleh tokoh bernama Robert Owen (1771-1858) di New Lanark, Skotland.

* Kemudian dikembangkan tahun 1786- 1865 oleh William King yang mendirikan koperasi di Bringhiton, Inggris. Tepat 1 Mei 1828 William King mempublikasikan mengenai saran serta ide mengenai pengelolaan toko dengan penerapan prinsip koperasi.

* Koperasi yang dipelopori Robert Owen telah berkembang ke negara lain seperti Jerman. Dimana koperasi yang didirikan berprinsip sama dengan yang di Inggris diantaranya Raffeinsen, Schulze Delitchi Perancis, Louis Blanc serta Charles Foirer.

* Di Denmark seorang Pastor Christiansone mendirikan koperasi pertanian, bentuk usaha koperasinya berbeda.

* Pelopor koperasi dari Jerman Herman Schultz Delitsch mengembangkan konsep badi prakarsa dari koperasi kredit untuk pengadaan sarana produksi bagi para pengrajin yang akan diterapkan oleh pedagang kecil.

* Friedrich Willhelm Raiffeissen pelopor koperasi dari Jerman mendirikan koperasi kredit sesuai dengan solidaritas yang tidak terbatas yang menjadi tanggung jawab para anggota koperasi tersebut.

* Pelopor koperasi lainnya tahun 1782 -1854 Abbe de Lammerais di Perancis,  tahun 1841- 1927 Luigi Luzatti di Italia, dan Sir Horace Plunkett 1854-1923 di Irlandia.

Sejarah perkembangan koperasi di Indonesia

> Gerakan koperasi Indonesia berawal pada abad ke-20, koperasi tercetus dari kalangan rakyat biasa ketika masa itu begitu banyak penderitaan dalam dunia ekonomi dan sosial yang ditimbulkan oleh gerakan kapitalisme yang tinggi.

> Tahun 1896 Patih R. Aria Wiria Atmaja mendirikan sebuah Bank untuk membantu para pegawai yang menderita karena terlilit hutang. De Wolffvan Westerrode seorang asisten berasal dari Belanda, mengubah nama Bank Pertolongan Tabungan menjadi Bank Pertolongan, Tabungan dan Pertanian lalu ia juga yang mengubah Bank menjadi koperasi. Lalu De Wolffvan Westerrode mendirikan lumbung-lumbung desa guna membantu para petani menyimpan hasil panen pada musim panen dan memberikan bantuan pinjaman padi pada musim paceklik, koperasi ini dinamakan menjadi Koperasi Kredit Padi. Tetapi pemerintah Belanda tidak sepaham kemudian mengubah lumbung-lumbung desa, Bank pertolongan tabungan dan pertanian menjadi Bank Rakyat Indonesia.

> Tahun 1908, Budi Utomo yang didirikan Dr. Sutomo memberikan peranan untuk memperbaiki kehidupan rakyat

> Tahun 1915 dan 1927 dibuat Peraturan Verordening op de Cooperatieve Vereeniging dan  Regeling Inlandschhe Cooperatieve

> Tahun 1927 dibentuk Serikat dagang Islam bertujuan memperjuangkan kedudukan ekonomi pengusaha pribumi. Tahun 1929 berdiri Partai Nasional Indonesia untuk menyebar luaskan semangat koperasi.

> Tahun 1933 keluar UU yang mematika usaha koperasi untuk ke dua kalinya.

Tahun 1942 Jepang masuk ke Indonesia dan mendirikan koperasi Kumiyai, fungsinya berubah menjadikan rakyat Indonesia sengsara dan seluruh keuntungan diambil alih oleh Jepang.

Setelah Indonesia merdeka, tahun 12 Juli 1947 pergerakan koperasi di Indonesia mengadakan Kongres Koperasi pertama kali di Tasikmalaya.


Baca Juga: