Sejarah Perkembangan Internet Dari Jaman Ke Jaman

Sejarah Perkembangan Internet Dari Jaman Ke Jaman

Sejarah Perkembangan Internet Dari Jaman Ke Jaman

Sejarah Perkembangan Internet Dari Jaman Ke Jaman
Sejarah Perkembangan Internet Dari Jaman Ke Jaman

Sejarah Perkembangan Internet- Sobat kemudahan berteknologi tidak lepas dari yang namanya internet. Kita bisa berselancar ke belahan dunia manapun yang kita mau hanya dengan teknologi yang satu ini. Informasi-informasi dari seluruh dunia berada ditangan kita asalkan anda terkoneksi jaringan. Penemuan ini memang semakin mempermudah kehidupan Sobat semua. Eitss tunggu dulu, meski sudah tahu apa itu internet dan berbagai manfaatnya, tapi tetap saja diantara kita banyak yang tidak tahu bagaimana Sejarah Perkembangan Internet. Hayuk buat diri kamu semakin pintar dengan terus membaca artikel ini.

Sejarah Perkembangan Internet

Internet merupakan gabungan dari jaringan-jaringan computer dalam sekala luas dan besar dimana masing-masing computer tersebut dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya menggunakan sebuah bahasa jaringan. Awalnya internet hanya dibuat untuk memenuhi kebutuhan pribadi pada suatu negara. Namun kini, masyarakat umum dapat menggunakannya secara bebas.

Cikal-bakal Internet sebenarnya sudah mulai ada sejak tahun 1940

Namun pada saat itu hanya menghubungkan antara dua titik yakni instansi pemerintah dengan pihak kampus. Kemudian berkembang dan semakin banyak komputer yang terhubung kejaringan tersebut dan akhirnya ada ratusan bahkan ribuan komputer terhubung dengan jaringan tersebut, jaringan tersebut itulah yang dinamakan internet.

Catatan sejarah tentang perkembangan internet pada asal mulanya adalah suatu jenis proyek Dalam dunia IT

diprakarsai berdirinya oleh ARPA dalam hal pengintegrasian komunikasi yang saling menghubungkan kepentingan ilmu pengetahuan (sains dan militer). Hal ini dilatar belakangi oleh perang yang terjadi pada tahun 1957, bersamaan dengan pembuatan suatu sistem yang diberikan fitur layanan paket switching dimana paket switching ini berguna untuk mengurai/memecahkan kode paket data agar menjadi lebih kecil sehingga menggunakan sedikit kapasitas dalam hal pengiriman.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja

yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas.

Perlunya ditambahkan identitas untuk komputer-komputer yang terhubung sehingga melahirkan yang namanya TCP/IP, TCP/IP inilah yang menjadi protokol standar yang disepakati oleh dunia untuk mengintegrasi komputer satu dengan yang lain, Setelah kemunculan TCP/IP muncul pula istilah DNS, DNS adalah sistem yang mengatur agar suatu IP diganti dengan sebuah nama agar mudah untuk di ingat. Perkembangan yang kian cepat dan pesat melahirkan istilah lain yaitu www (World Wide Web) yang diiringi dengan kemunculan situs-situs pelayanan seperti e-mail, online shop, information center dan lain-lain yang terkait dalam sebuat interkoneksi sosial media.

Banyaknya kebutuhan memaksa internet untuk terus berkembang

keperluan-keperluan manusia yang semakin meningkat dan keinginan untuk mendapatkan fasilitas yang mudah membuat Perkembangan internet terus berjalan, faktor kebutuhan adalah masalah utama yang menjadi faktor penentu berkembangnya internet, salah satu contohnya adalah penggunaan internet bagi seorang untuk mencari bahan dan informasi tentang tugas-tugas sekolah/kampus sehingga melahirkan istilah e-learning.

Istilah ini sudah mulai diterapkan untuk mempermudah proses transfer ilmu dari seorang guru kepada muridnya, menjual sesuatu barang kepada dunia yang tidak tertutup hanya dalam lingkup wilayah pemasaran nyata nya saja, pelayanan jasa melalui internet seperti penyediaan jasa surat menyurat elektronik (e-mail), interaksi sosial media dalam media chating dan berbagai hal lainnya atau untuk beberapa pelaku bisnis mengenalkan produk mereka melalui internet.

Pada tanggal 1 Januari 1983

dioperasikan Jaringan wide area network TCP/IP yang pertama. Pada saat National Science Foundation (NSF) Amerika Serikat membuat backbone (tulang punggung) jaringan universitas yang kemudian menjadi NSFNet. Tanggal ini kemudian oleh sebagian orang disebut-sebut sebagai tanggal lahirnya Internet.

Berbagai jaringan dan operatator jaringan sekitar tahun 1985 semakin terus bermunculan dengan tujuan bisnis dan meraih keuntungan. Mereka lalu bergabung dengan NSFNet. Hingga saat ini sehingga akhirnya seluruh jaringan TCP/IP di seluruh dunia terhubung satu dengan yang lainnya dan kita menyebut jaringan dunia ini Internet.

Nah Sobat, sekarang sudah semakin pintar bukan. Terimakasih telah membaca artikel Sejarah Perkembangan Internet.

Baca juga artikel: