Sejarah Om Telolet Om dan Asal Usul Om Telolet
Posted in: Pendidikan

Sejarah Om Telolet Om dan Asal Usul Om Telolet

Sejarah Om Telolet Om dan Asal Usul Om Telolet

Sejarah Om Telolet Om dan Asal Usul Om Telolet
Sejarah Om Telolet Om dan Asal Usul Om Telolet

Kalian pasti sering nonton video youtube om telolet om

Video tersebut bermunculan di berbagai chanel youtube, mewabah di berbagai lokasi hingga ke pelosok Indonesia bahkan Om telolet Om Viral di Dunia.

Artis Indonesia dan juga artis dunia dan tokoh dunia

sempat menyingungnya, sebut saja Justin Bieber, Barrack Obama, Donald Trumph, Hillary Clinton, Christiano Ronaldo, Lady Gaga, Jennifer Lopez, Vokalis Maroon Five, dan bahkan Ariana Grande pun sempat twit di twitter tentang om telolet om.

Jadi bagaimana awal asal usul fenomena om telolet om ini. Mari kita simak pendalaman dibawah ini.

Okay, untuk mengetahui asal usul dan sejarah om telolet, pertama kita definisikan dulu apa itu telolet dan apa itu om telolet om?

Apa itu Telolet?

Telolet adalah kata yang digunakan oleh orang Indonesia untuk menggambarkan suara klakson yang unik dari kendaraan. Bunyi klakson tersebut dapat bersumber dari kendaraan apapun, akan tetapi dalam kasus ini, lebih diutamakan bus AKAP dan mobil Truk.

Sekedar informasi, kata Telolet dalam KBBI belum ada.

Jadi kata “Telolet” itu muncul karena bunyinya yaitu “Teeeeelooooooleeeeeet” berulang hingga 2X atau 3X biasanya.
Apa Itu Om Telolet Om?

Om telolet om

adalah kalimat yang digunakan untuk meminta kepada pengendara atau supir kendaraan tersebut untuk membunyikan klakson unik mereka apabila dia miliki. Kata Om disini berarti laki laki yang sudah cukup berumur.

Om sering diucapkan sebagai kata pengganti paman. Kata Om juga sering digunakan untuk memanggil Ayah atau Bapak pacar anda.

Selain itu Om sering juga digunakan oleh para “penjual tubuh” kepada pembeli mereka. If U Know what i Mean.

Jadi batasan Om yang paling jelas adalah laki laki dan sudah cukup berumur.

Jadi apabila disatukan, maka kalimat “Om Telolet Om” berarti “Om minta bunyikan klaksonnya dong”.

Sesungguhnya demam telolet atau penggunaan kalimat atau frase “Om telolet Om” itu sudah lama ada.
Demam penggunaan kata “Om Telolet Om” sudah ada sejak ditemukannya klakson bus unik berbunyi “Teeeelooooleeeet” yang banyak digunakan pada bus bus AKAP dan mobil Truk.

Klakson telolet sendiri pertama kali muncul bukan di Indonesia, melainkan di luar negeri oleh perusahaan Otobus sekitar satu dekade silam.

Bunyi telolet telolet dan terulang terus tersebut berbunyi seperti nada monophonic HP sehingga orang orang yang mendengar nya jadi semangat dan terkesan klasik.

Lalu bagaimana dengan penggunaan Om telolet Om?

Okay, pada awalnya, klakson tersebut berbunyi sebagai siren biasa pada bus AKAP dan juga banyak Truk dan bahkan ada beberapa mobil.

Kemudian, lama kelamaan, bus lebih banyak yang pakai untuk menghibur penumpang dan juga supir itu sendiri karena perjalanan yang jauh. Telolet lebih dimodifikasi sesuai cita rasa supir itu sendiri.

Kemudian, bunyi telolet juga supir bus gunakan untuk menyambut para fans bus bus angkutan yang sering ambil gambar. Menurut salah satu supir senior di Jalur Jepara-Kudus, Benny namanya, “Awalnya mereka tidak perlu bilang Om telolet Om, biasanya saya yang duluan kasi telolet, seru saja kalau mereka bersorak dengarnya, jadi kita bawa mobil juga semangat”.

Benny menambahkan, “Itu kalau sudah malam, Bus saya lewati tempat ngumpul ngumpul anak muda, mereka biasa teriak, om telolet om, jadi saya dim lagi, saya kira mereka lagi cari kesenangan saja, makanya minta tolong di bunyikan dim nya”.
Kenapa Om Telolet Om Jadi Viral dan Trending Topik

Om telolet Om jadi trending topik

akibat banyaknya di sosial media sekarang yang mengupload video om telolet om mereka di Internet seperti facebook, twitter, vimeo, vine, youtube, snapchat, bigo live dan banyak lagi.

Istilah ini menjadi tren dikarenakan perkembangan anak muda sekarang yang sudah beda dari waktu frase “Om telolet Om” pertama muncul.

Dahulu hanya bocah bocah yang lakukan, sekarang, sudah banyak remaja dan dewasa yang menggunakan frase “Om telolet Om”.

Hal inilah yang membuatnya menjadi viral, karena para remaja sekarang ini lebih kreatif sehingga membuat tulisan di karton bertuliskan “Om Telolet Om” untuk mendengarkan suara klakson Bus.

Karena generasi sekarang ini adalah generasi eksis sosmed dan youtube bahkan vlog, maka mereka merekam aksi mereka dengan sudut dan perencanaan lebih matang hingga hasil lebih visual menarik.

Puncak viralnya Om Telolet Om

di Indonesia ketika beberapa artis IG ambil saja Ria Ricis yang ditantang oleh para fansnya untuk melakukan #OmteloletOM Challenge. Kemudian ikut juga para ask fm, para vlogger juga ikut nimbrung mengikut #OmteloletOm challenge ini.

Sehingga beginilah jadinya sekarang, frase “Om telolet OM” mewabah hingga ke seluruh dunia, sebut saja Eropa, Inggris, Prancis, Amerika (USA), Kanada, Australia, dan banyak lagi.

Bahkan artis artis dunia sebut saja Justin Bieber, Ariana Grande, Dj Marshmellow, Kiko Mizuhara dari jepang, Jennifer Lopez dan banyak lagi.
Bahkan atlit olahraga Olimpiade dan Sepak Bola dunia seperti Ronaldo, Kaka, Messi bahkan sempat menyinggung “Om telolet Om” di twitter mereka.

 

Baca Artikel Lainnya: