Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial
Posted in: Pendidikan

Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial

Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial

Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial
Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial

Definisi Ekonomi Manajerial

Ekonomi manajerial adalah suatu aplikasi teori  dan metode ekonomi. Dengan demikian ekonomi manajerial adalah suatu proses pengkajian dan pengembangan prinsip-prinsip keilmuan yang digunakan untuk meningkatkan kualitas serta efektivitas dalam pengambilan suatu keputusan manajerial. Dengan ekonomi manajerial maka akan membantu serta mempengaruhi kinerja organisasi dan perilaku manajerial. Ekonomi manajerial memanfaatkan sejumlah alat analisis seperti metode kuantitatif, statistik, konsep-konsep manajemen strategik, dan analisis keuangan.

 

  • Ekonomi Manajerial yang berkaitan dengan Teori Ekonomi

 

Teori ekonomi mempelajari, menerangkan, serta mengidentifikasikan tingkah laku secara individual dalam pengambil keputusan berdagang.

  1. Konsep Koperasi
  • Pengertian koperasi

 

Dari segi umum

Kata koperasi berasal dari bahasa inggris Cooperation yang artinya kerja sama antara beberapa orang untuk mencapai tujuan yang sama yang sulit dicapai secara perseorangan. Tujuan utama koperasi adalah untuk meningkatkan kesejahteraan bersamaan.

Dari segi hukum

Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sebagai gerakan ekonomi kerakyatan yang berdasarkan atas asas kekeluargaan.

  • Konsep Koperasi Barat

 

Koperasi merupakan organisasi swasta yang dibentuk secara sukarela oleh orang-orang yang memiliki kesamaan visi dan misi, dengan tujuan mengurusi kepentingan para anggota serta menciptakan timbal balik bagi anggota maupun perusahaan.

Unsur-unsur positif dari konsep koperasi barat :

> Setiap individu yang memiliki satu tujuan dapat berpartisipasi dalam hal keuntungan serta siap menanggung resiko bersama.
> Keinginan individu dapat dipuaskan dengan bekerja sama antarsesama anggota.

  • Konsep Koperasi Sosialis

 

Koperasi ini direncanakan dan dikendalikan oleh pemerintah dan dibentuk dengan tujuan untuk menunjang perencanaan nasional. Koperasi ini sebagai alat yang sangat efektif untuk mencapai kesejahteraan masyarakat serta lebih mudah menyatukan rakyat melalui organisasi koperasi.

  • Konsep koperasi negara berkembang

 

Koperasi sudah berkembang memiliki ciri tersendiri seperti dominasi campur tangan pemerintah dalam pengembangannya. Konsep negara berkembang, koperasi bertujuan untuk meningkatkan kondisi sosial ekonomi anggotanya.

Kalau konsep sosialis, koperasi bertujuan untuk menyetarakan faktor produksi dari kepemilikkan pribadi ke pemilikkan bersama.

  1. Latar Belakang timbulnya
  • Keterkaitan ideologi, sistem perekonomian, dan aliran koperasi

Di dalam suatu bangsa memiliki ideologi yang berbeda-beda, perbedaan ini mengakibatkan terjadinya perbedaan pada sistem perekonomiannya serta aliran koperasi yang dianut pun akan turut berbeda. Sebaliknya, dalam suatu perekonomian negara manapun turut menjiwai ideologi negaranya dan aliran koperasinya akan turut menjiwai sistem perekonomian yang ada.

Aliran koperasi

Berbagai negara secara umum menganut aliran koperasi yang berbeda berdasarkan peran gerakan pada koperasi tersebut yang dapat dikelompokkan berdasarkan sistem perekonomian dan hubungannya dengan kepemerintahan. Paul Hubert Casselman mengungkapkan bahwa aliran koperasi terbagi menjadi 3 aliran, sebagai berikut

* Aliran Yardstick

Aliran ini banyak ditemukan di negara yang menganut sistem perekonomian berideologi kapitalis atau liberal. Menurut aliran ini, koperasi mampu mengimbangi atau menetralisir berbagai macam kemungkinan buruk yang disebabkan oleh sistem kapitalis tersebut. Aliran sepert ini memiliki daya tarik tinggi terutama di negara-negara barat yang memang berkembang pesat dibawah sistem kapitalisme ini. Dalam hal ini pemerintah tidak turut serta menangani koperasi yang berkutat di tengah masyrakat, melainkan anggota-anggota yang terlibat di dalam koperasi tersebut.

Aliran Sosialis

Menurut pandangan aliran sosialis koperasi merupakan alat efektif untuk mensejahterakan masyarakat dan menyatukan bangsa melalui organisasi koperasi. Aliran ini biasanya banyak dijumpai dinegara wilayah eropa dan rusia karena perindustrian di negara tersebut sangat maju.

Aliran Persemakmuran (Commonwealth)

Menurut aliran persemakmuran ini, kopersi merupakan alat yang efisien serta efektif untuk meningkatkan kualitas ekonomi bangsa. Koperasi juga sebagai wadah dan fasilitas ekonomi masyarakat yang berkedudukan strategis dalam struktur perekonomian. Hal ini pemerintah bersifat partnership kemitraan maksudnya ialah pemerintah bertanggung jawab atas terciptanya koperasi yang baik dan kondusif.

Sumber : https://pendidikan.id/main/forum/diskusi-pendidikan/mata-pelajaran/11145-pengertian-pendidikan-menurut-para-ahli