Posted in: Umum

Qona’ah dan Sabar

Qona’ah dan Sabar

Qona’ah diartikan sebagai kepuasan jiwa seberapa pun rezeki yang dimilikinya, sedikit maupun banyak, diterima dengan penuh rasa syukur. Dengan demikian sikap Qona’ah itu bisa terwujud dengan cara menemukan kecukupan di dalam apa yang dimiliki dan tidak menginginkan apa yang tidak dimilikinya tersebut.

Di dalam QS. Al-Baqarah (2): 172 menyebutkan bahwa

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepadaNya kamu menyembah.”

Kemudian yang selanjutnya adalah Sabar, yang diartikan sebagaiketeguhan hati dalam menghadapi kesulitan hidup. Dalam perjalanan hidup, senang dan susah datang silih berganti. Seperti dalam QS. Al-Baqarah (2):155

 “Dan sesungguhnya akan kami berikan percobaan yang sedikit kepada kamu, seperti ketakutan, kelaparan, kekurangan harta jiwa dan buah2han. Kemudian sampaikanlah kabar  gembira bagi orang-orang yang sabar.”

Kesimpulan

Dari beberapa uraian yang sedikit banyak telah disampaikan diatas, maka kami dapat menarik kesimpulan bahwa:

  1. Bertasawuf adalah upaya melatih jiwa dan mental dengan berbagai kegiatan yang dapat membebaskan dirinya dari pengaruh dunia, sehingga tercermin akhlak yang mulia dan dekat dengan Allah SWT, dengan kata lain, tasawuf adalah kegiatan yang berhubungan dengan pembinaan mental rohaniah agar selalu dekat dengan Tuhan.
  2. Disorientasi manusia modern disebabkan oleh krisis spiritual yang diakibatkan oleh manusianya itu sendiri karena beberapa faktor, teknologi, budaya, faktor fisik dan lainnya. Yang selanjutnya akan muncul antara lain adalah adanya perasaan terasing / teralienasi baik dari diri sendiri, alam sekitar dan tuhan pencipta Alam.
  3. Aplikasi tasawuf dalam kehidupan yang serba modern yang berhasil kami angkat dalam tema pada pertemuan kali ini adalah terdiri dari 4 aplikasi, yakni dimulai dari Zuhud, Tawakkal, Ikhlas, serta Qona’ah dan Sabar.
  4. Saran-saran

Kami menyakini bahwa dalam penulisan dan penyusunan makalah ini masih terdapat banyak sekali kekurangan karena murni berasal dari kelemahan, kekurangan serta keterbatasan kami dalam mencari sumber referensi dan menyajikan kepada pembaca semua. Maka dari itu kritik dan saran dari saudara/i pembaca yang sifatnya membangun senantiasa kami harapkan untuk bahan koreksi dan pembenahan kami selanjutnya. Terima kasih atas partisipasinya, tanpa mengurangi rasa hormat kami sampaikan banyak Terima Kasih. Wassalamu ‘Alaikum.Wr.Wb

Sumber: http://linux.blog.gunadarma.ac.id/2020/07/14/jasa-penulis-artikel/