PERBANDINGAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN
Posted in: Pendidikan

PERBANDINGAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN

PERBANDINGAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN

PERBANDINGAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN
PERBANDINGAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN

Ulasan ’Analisis Perbandingan Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan pada Minimarket Indomart dengan Alfamart di Kompleks Pesona Anggrek Bekasi’, terdapat beberapa kesalahan penulisan yang penulis lakukan :

  1. Pada bagian abstrak terdapat kalimat  ”sedangkan hasil uji perbandingan kualitas pelayanan antara minimarket Indomart dan Alfamart berdasarkan dimensi kehandalan, keresponsifan, assurance, emphaty dan tangible serta kualitas pelayanan keseluruhan ada perbedaan yang signifikan”. Kesalahan terjadi pada peletakan kata ’sedangkan’ di awal kalimat. Karena kata ’sedangkan’ merupakan salah satu kata konjungsi yang menunjukan perbandingan, sehingga kata ‘sedangkan’ tidak boleh diletakkan diawal kalimat.
  2. Pada bagian pendahuluan, paragraph pertama, kalimat “Pada prinsipnya setiap perusahaan tatkala menjual produk-produknya akan dihadapkan dengan strategi maupun teknik penjualan yang bagus, sehingga komoditas yang ditawarkannya dapat terjual dengan baik”. ada kesalahan penggunaan kata ’tatkala’. kata ‘tatkala’ merupakan kata yang tidak baku dan lebih baik diganti menggunakan kata ’ketika’ .
  3. Penggunaan kata ’sebagaimana’ pada kalimat ”Demikianlah sebagaimana yang disampaikan oleh banyak pakar ekonomi yang memberikan definisi mengenai kepuasan konsumen”. Kata ’sebagaimana’ lebih baik dihilangkan sehingga kalimat tersebut tidak rancu.
  4. Pada bagian pendahuluan, paragraph kedua peletakan kata ’Dan’ diawal kalimat salah. Karena kata ’Dan’ merupakan konjungsi persamaan sehingga peletakan kata ’Dan’ diawal kalimat tidak benar.
  5. Masih pada bagian pendahuluan, paragraph kedua di kalimat ”Jadi tingkat kepuasan merupakan fungsi dari perbedaan antara kinerja yang dirasakan oleh harapan” penggunaan kata ’oleh’ pada kalimat tersebut tidaklah tepat, lebih baik kata ’oleh’ diganti kata ’dengan’.
  6. Pada bagian kerangka pemikiran peletakan kata ’yang’ diawal kalimat tidaklah benar, karena kata ‘yang’ merupakan konjungsi.
  7. Pada bagian telaah pustaka penulisan kutipan masih ada yang salah seperti ”(kotler 2000:36)” seharusnya “(kotler,2000:36)” dan pada kalimat ”menurut oliver, kepuasan adalah” tingkat persaan seseorang setelah membandingkan kinerja atas hasil yang dirasakannya dengan harapannya”.(J.Suprapto, 2001 : 233)   Seharusnya ”menurut oliver (J.Suprapto,2001:233) kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja antar hasil yang dirasakannya dengan harapannya”. Selain itu, pada kalimat menurut Richard Oliver (Husein Umar,2003:14) kepuasan pelanggan adalah” respon pemenuhan dari konsumen, masih salah karena masih kurang tanda petik (“) diakhir kalimat.
  8. Pada bagian metode penelitian penulisan kata ’kuesioner’ salah seharusnya Quisioner.
  9. Adanya tanda koma pada kalimat ’Alasan peneliti menggunakan T-Test dalam menganalisa data adalah karena T-Test pada prinsipnya adalah suatu teknik statistik untuk menguji hipotesis, tentang ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara dua kelompok sampel dengan jalan perbedaan mean-meannya”.
  10. Penempatan tanda titik dua (:) pada kalimat ”mencari nilai T-uji sampel berpasangan dengan alat bantu software SPSS for Windows 15.0:” kurang tepat, seharusnya ”mencari nilai T-Uji sampel berpasangan dengan alat bantu software SPSS for windows 15.0”
  11. Pada bagian saran no.2, kalimat ”mayoritas konsumen Indonesia sensitive terhadap harga, karena itu Alfamart agar menekan harga dengan cara memutus saluran distributor yang panjang yang akan meminimalkan biaya dan pada akhirnya harga menjadi sama dengan pesaing”, masih rancu. Sebaiknya diawal kata ”karena” ditambahkan kata ”oleh”, kata ”agar” diganti menjadi ”hendaknya”, dan kata ”yang” diganti dengan kata ”sehingga”, maka kalimat tersebut menjadi “mayoritas konsumen Indonesia sensitif terhadap harga, oleh karena itu Alfamart hendaknya menekan harga dengan cara memutus saluran distributor yang panjang sehingga akan meminimalkan biaya dan pada akhirnya harga menjadi sama dengan pesaing”.
  12. Pada daftar pustaka pada bagian judul buku ada yang belum diberi garis bawah.

Sumber : http://riskyeka.web.ugm.ac.id/seva-mobil-bekas/