Pengertian Musikalisasi Puisi Menurut Para Ahli
Posted in: Pendidikan

Pengertian Musikalisasi Puisi Menurut Para Ahli

Pengertian Musikalisasi Puisi Menurut Para Ahli

Pengertian Musikalisasi Puisi Menurut Para Ahli
Pengertian Musikalisasi Puisi Menurut Para Ahli

Agus S. Sarjono

Musikalisasi puisi yakni mengubah musikalitas pada puisi menjadi lebih terasa, menjadi suatu musik yang bisa didengar.

Andrie S. Putra

Musikalisasi puisi yakni satu bentuk verbal sastra,puisi dengan melibatkan beberapa unsur seni, ibarat irama, bunyi, musik, gerak dan tari

Antilan Purba

Musikalisasi puisi yakni mengubah puisi menjadi lagu

Fikar W.Eda

Musikalisasi puisi yakni salah satu bentuk verbal yang lain, yakni menggunakan unsur-unsur suara yang lebih berpengaruh untuk mengekspresikan puisi. Jika selama ini puisi dibaca secara ora, musikalisasi puisi ini merupakan salah satu bentuk verbal yang lain, yang disampaikan dengan menggunakan medium musik atau instrumen.

Dedi S. Putra

Menurutnya Musikalisasi puisi yakni adalah bentuk apresiasi puisi ungkapan musikan; instrumen, melodi dan nyanyian ucapan. Nuansa makna kata, eksplisit dan implisit. Penghayatan menyebabkan puisi mendapat kemampuan ekstra untuk berkomunikasi alasannya pencarian yang diciptakan.

Arsie

Menurut Arsie Musikalisasi puisi yakni salah satu bentuk verbal sastra puisi dengan melibatkan beberapa unsur seni ibarat irama, suara (musik) dan gerak(tari)

Supratman Abdul Rani

Musikalisasi puisi berdasarkan Supratman Abdul Radi yakni sebagai upaya menampilkan puisi dengan jalan memasukkan unsur-unsur musik secara dominan. Akan teteapi, tujuan pemusikalisasi puisi bukanlah sekedar untuk menampilkan saja. Didalamnya ada upaya yang lebih jauh dari itu.

Danardana (2013:56)

Musikalisasi puisi berdasarkan Danardana yakni kerja sama apresiasi seni antara musik, puisi dan pentas. Dengan musikalisasi puisi, seseorang tidak hanya mendapat kesempatan mengapresiasi puisi dan musik tapi juga mendapat kesempatan mengekspresikan apresiasi seninya itu di depan umum.


Sumber: https://worldbikelx.com/2020/06/16/seva-mobil-bekas/