kecelakaan kerja
Posted in: Pendidikan, Umum

Pengertian Kecelakaan Kerja Menurut Para Ahli

Pengertian Kecelakaan Kerja Menurut Para Ahli

kecelakaan kerja

Berikut ini adalah pengertian kecelakaan kerja menurut beberapa para ahli:

1. OSHA

Menurut OSHA tentang kecelakaan kerja adalah kecelakaan yang terjadi saat Anda meninggalkan atau kembali dari tempat kerja. Ini umumnya dikenal sebagai perjalanan pulang pergi dengan pengecualian kecelakaan kerja.

2. Permenaker No. 03/MEN/1998

Definisi kecelakaan kerja menurut Permenaker adalah peristiwa yang tidak diinginkan dan tidak terduga yang dapat menyebabkan viktimisasi atau properti manusia.

3. Standar AS/NZS (4801:2001)

Menurut standar AS / NZS tentang kecelakaan kerja mencakup semua peristiwa yang tidak direncanakan yang menyebabkan atau dapat menyebabkan cedera, sakit, bahaya, atau kerugian lainnya.

4. OHSAS (18001:2007)

Menurut OHSAS kecelakaan kerja adalah peristiwa yang berhubungan dengan pekerjaan yang dapat menyebabkan cedera atau rasa sakit (tergantung pada keparahan) dari peristiwa kematian atau peristiwa yang dapat menyebabkan kematian.

5. Kepmenaker (1999)

Menurut Kepmenaker definisi kecelakaan kerja mencakup kecelakaan yang berkaitan dengan hubungan industrial, termasuk penyakit yang disebabkan oleh hubungan industrial dan kecelakaan yang terjadi saat bepergian dari rumah ke kantor dan di jalan normal di rumah.

6. Suma’mur (2009)

Definisi kecelakaan kerja menurut Suma’mur adalah pelanggaran yang berkaitan dengan kegiatan perusahaan. Ini berarti bahwa kecelakaan terjadi karena bekerja dan selama bekerja, serta kecelakaan saat mengemudi ke dan dari tempat kerja.

Jenis-jenis Kecelakaan Kerja

Berikut ini adalah jenis-jenis dari kecelakaan kerja:

  1. Accident, adalah peristiwa buruk yang merusak baik manusia maupun properti
  2. Incident, adalah peristiwa buruk yang belum menjadi kerugian
  3. Near Miss, Ini hampir sama dengan nasib buruk dengan kata lain, kecelakaan ini hampir menyebabkan incident maupun accident.

Menurut Suma’mur (1981), ada tiga jenis kecelakaan kerja berdasarkan tingkat konsekuensinya:

  1. Kecelakaan Kerja Ringan. Kecelakaan Kerja Ringan adalah cedera yang perlu dirawat hari itu dan dapat kembali bekerja atau beristirahat kurang dari 2 hari. Seperti tergelincir, tergores, pecahan gelas, jatuh dan terkilir.
  2. Kecelakaan Kerja Sedang. Kecelakaan kerja sedang adalah kecelakaan yang harus dirawat dan harus istirahat lebih dari 2 hari. Seperti terjebak, luka, terbakar.
  3. Kecelakaan Kerja Berat. Kecelakaan kerja berat terutama kecelakaan kerja dengan amputasi dan gangguan fisik. Seperti tulang yang patah.

sumber : https://rumusguru.com/contoh-soal-psikotes/