Pengertian Hukum Perdata menurut Para Ahli
Posted in: Pendidikan

Pengertian Hukum Perdata menurut Para Ahli

Pengertian Hukum Perdata menurut Para Ahli

Pengertian Hukum Perdata menurut Para Ahli

Menurut Riduan Syahrani

Pengertian Hukum Perdata ialah hukum yang mengatur hubungan hukum antara orang yang satu dengan orang lain di dalam masyarakat yang menitik beratkan kepada kepentingan perseorangan (pribadi).

Menurut Sudikno Mertokusumo : Hukum Perdata adalah hukum antar perorangan yg mengatur hak dan kewajiban perorangan yg satu dengan yg lain di dalam hubungan keluarga dan di dalam pergaulan masyarakat. Dan Pelaksanaannya diserahkan masing-masing pihak.

Pengertian Hukum Perdata menurut Salim HS adalah keseluruhan kaidah-kaidah hukum, baik itu yang tertulis maupun tidak tertulis yang mengatur hubungan antara subjek hukum satu dengan dengan subjek hukum yang lain dalam hubungan kekeluargaan dan di dalam pergaulan kemasyarakatan.

Pendapat Sri Soedewi Masjchoen Sofwan mengenai Pengertian Hukum Perdata merupakan hukum yang mengatur kepentingan antara warga negara perseorangan yang satu dengan warga negara perseorangan yang lain.

Subekti membagi Pengertian Hukum Perdata dalam dua arti :

  • Pengertian Hukum Perdata dalam Arti Luas yaitu semua hukum (private materiil), yaitu segala hukum pokok yang mengatur kepentingan-kepentingan perseorangan.
  • Pengertian Hukum Perdata dalam Arti Sempit, dipakai sebagai lawan dari hukum dagang.

Sumber: https://apartemenjogja.id/385-perangkat-apple-telah-jalankan-ios-11/