Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli
Posted in: Pendidikan

Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli

Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli

Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli
Pengertian Filsafat adalah pelajaran tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan dijabarkan dalam konsep mendasar. Filsafat tidak didalami dengan melakukan eksperimen-eksperimen dan percobaan-percobaan, tetapi dengan mengutarakan masalah seperti aslinya, mencari solusi untuk itu, memberikan argumentasi dan alasan yang tepat untuk solusi tertentu. Akhir dari proses-proses itu dimasukkan ke dalam sebuah proses dialektika. Untuk studi falsafi, mutlak diperlukan logika berpikir dan logika bahasa.
Oleh karna itu Logika merupakan sebuah ilmu yang sama-sama dipelajari dalam matematika dan filsafat. Hal itu membuat filasafat menjadi sebuah ilmu yang pada sisi-sisi tertentu berciri eksak di samping nuansa khas filsafat, yaitu spekulasi, keraguan, rasa penasaran dan ketertarikan. Filsafat juga bisa berarti perjalanan menuju sesuatu yang paling dalam, sesuatu yang biasanya tidak tersentuh oleh disiplin ilmu lain dengan sikap skeptis yang mempertanyakan segala hal.

Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli :

  1. Menurut Jujun S. Suriasumantri, filsafat adalah orang yang sedang tengadah memandang bintang-bintang di langit, dia ingin mengetahui hakekat dirinya dalam kesemestaan galaksi; atauorang yang berdiri di puncak bukit, memandang ke ngarai dan lembah di bawahnya, dia ingin menyimak kehadirannya dalam kesemestaan jagat raya.
  2. Menurut Harold H. Titus, Filsafat adalah pertanyaan seorang bocah yang menanyakan soal-soal luar biasa, seperti “bagaimana dunia ini bermula?”, atau “benda-benda itu itu terbuat dari apa?”, atau “apa yang terjadi pada seseorang jika ia mati?”.

sumber :

https://keduang.co.id/2020/04/go-keyboard-prime-apk/