PENGARUH SARBANES-OXLEY
Posted in: Perkebunan

PENGARUH SARBANES-OXLEY

PENGARUH SARBANES-OXLEY

PENGARUH SARBANES-OXLEY

SOX terdiri dari 10 pasal utama, 2 diantaranya secara langsung mempengaruhi unit pelayanan informasi perusahaan:

ü  CEO dan CFO harus menandatangani laporan keuangan.

ü  Perusahaan-perusahaan Amerika Serikat disyaratkan untuk memiliki unit audit internal.

SOX 404

Ketetapan SOX yang memberikan dampak terbesar pada TI adalah bagian 404, yang membahas tentang penilaian manajemen mengenai pengendalian keuangan. Bagian ini mensyaratkan bahwa harus terdapat suatu bentuk pengendalian internal terhadap pelaporan keuangan.

Agar memenuhi persyaratan pengendalian yang diwajibkan oleh SOX, seorang CIO harus menjaga agar pengendalian seperti ini berbeda di dalam sistem selama proses perencanaan sistem. Aktivitas perencanaan harus mencakup:

ü  Identifikasi sistem yang memainkan peranan dalam pelaporan keuangan

ü  Identifikasi resiko yang dihadapi sistem ini

ü  Mendesain pengendalian yang mengatasi resiko ini

ü  Mendokumentasikan dan menguji pengendalian tersebut

ü  Memonitor efektifitas pengendalian seiring waktu

ü  Memperbaharui pengendalian sebagaimana Dibutuhkan

CIO harus memastikan agar CEO, CFO, dan para eksekutif lain memahami pengendalian tersebut dan memberitahu mereka mengenai perkembangan pengendalian melalui penggunaan mekanisme pelaporan komite pengawas MIS.

SOX 409

Ketetapan SOX lain yang mempengaruhi pelayanan informasi adalah 409, yang membahas mengenai pengungkapan secara real time. Ini berarti bahwa perusahaan tersebut harus mampu melaporkan perubahan mengenai kondisi keuangannya secara real time – atau pada saat perubahan berlangsung.

SOX dan COBIT

CUBIT disebut sebagai organisasi industri yang dapat memberikan standar keamana untuk sumber daya informasi perusahaan. Organisasi yang sama dapat memberikan bantuan kepada perusahaan untuk menangani tanggung jawab SOX. Standar COBIT amat selaras dengan ekspetasi SOX. Karena COBIT memiliki lebih dari 47.000 anggota diseluruh dunia, standar pelaporan keuangan dapat memberikan dampak global.

Meletakan Serbanas-Oxyley pada Tempatnya

Di awal bab ini, telah dikatakan bahwa pendekatan preskriptif diambil untuk menggambarkan SIM-hal ini digambarkan sebagaimana seharusnya SIM harus dipraktikan. Serbanas-Oxley merupakan salah satu argumen yang baik untuk pendekatan seperti ini. Perusahaan dan CIO yang menerapkan MIS sebagaimana yang digambarkan seharusnya tidak menghadapi kesulitan untuk memenuhi persyaratan SOX. Dengan kata lain, SOX mengharapkan eksekutif, sistem keuangan, dan Ti untuk bekerja sebagaimana  mereka seharusnya bekerja-yaitu secara etis.

sumber :

https://yekapepe.co.id/2020/04/reduced-transmission-hd-apk/