Posted in: Pendidikan

Penerapan Just In Time

Penerapan Just In Time

Usaha untuk mengurangi waktu penyimpanan (stourage time) yang merupakan suatu akibat dari aktivitas bukan penambah nilai bagi konsumen (nonvalue added activities) (mulyadi, 1993:25-26). Dimana penerapan Just In Time dapat menghemat biaya penyimpan sehingga dapat membuat biaya lebih efisien.

  1. Rancangkan biaya perawatan mesin serta biaya karyawan seminimal

            mungkin

Inilah yang harus diperhitungkan saat mene ntukan biaya produksi. Jumlahkan semua biaya perawatan mesin serta gaji karyawan yang dibutuhkan seminimal mungkin. Hal ini diupayakan untuk menghitung standar biaya produksi.

Efisiensi biaya produksi merupakan suatu hal yang penting yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk mencapai laba yang optimal. Perusahaan harus tepat dalam menetapkan harga yang harus dikeluarkan untuk biaya produksi supaya efisiensi biaya produksi secara konsisten dapat diterapkan perusahaan.

Untuk mencapai target kinerja seperti yang diharapkan beberapa strategi yang bisa ditempuh antara lain:

  1. Melakukan penyusunan dan pengawasan terhadap pelaksanaan anggaran atau Budgeting perusahaan.
  2. Penerapan standar operating prosedur keuangan dan operasional, melalui pengawasan dan penerapan manajemenperusahaan yang handal.
  3. Efisiensi penggunaan modal kerja dengan melakukan seluruh kegiatan transaksi penjualan dengan cara tunai.
  4. Manajemen persediaanbahan baku produksi yang efektif
  5. Metode pembayaran ke supplier dengan menggunakan sistem kredit (account payable), dan diupayakan dana pembayarannya bersumber dari hasil penjualan.
  6. Pengelolaan manajemen sumber daya manusia(SDM) dalam perusahaan yang efisien.
  7. Secara berkala dalam satu periode melakukananalisis laporan keuanganperusahaan, sebagai alat barometer terhadap pencapaian nilai rasio efisiensi kinerja laporan keuangan perusahaan.
    Sumber :https://sorastudio.id/belum-dirilis-galaxy-note8-kabarnya-terpampang-di-situs-resmi-samsung/