Pameran Kepurbakalaan di Kabupaten Banyuwangi
Posted in: Pendidikan

Pameran Kepurbakalaan di Kabupaten Banyuwangi

Pameran Kepurbakalaan di Kabupaten Banyuwangi

Pameran Kepurbakalaan di Kabupaten Banyuwangi

Pameran Kepurbakalaan di Kabupaten Banyuwangi

Selasa (29/10)Gelar pameran kepurbakalaan di Kabupaten Banyuwangi resmi dibuka untuk umum, acara pembukaan ini turut dihadiri tamu undangan dari Dinas Budpar, Dinas Pendidikan, unsur-unsur pendidik, budayawan serta dari media cetak. Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Mojokerto Bapak Drs. Aris Soviyani, SH, M.Hum dalam sambutannya menyampaikan tujuan dari pameran kepurbakalaan adalah untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda dan masyarakat Banyuwangi pada umumnya tentang pentingnya pelestarian cagar budaya, disampaikan pula bahwa peran pemerintah daerah terkait pelestarian cagar budaya saat ini sangatlah besar, mulai dari proses pendaftaran, merawat sampai dengan menetapkan cagar budaya. Langkah awal diharapkan pemerintah daerah dalam hal ini Pemerintah Banyuwangi segera membentuk tim ahli cagar budaya, sehingga proses pendaftaran hingga penetapan cagar budaya dapat terlaksana. Dengan sudah ditetapkannya suatu cagar budaya, menjadikan cagar budaya tersebut memiliki posisi yang kuat secara hukum.

Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi

Sambutan selanjutnya oleh Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, Bapak M.Y Bramuda, S.Sos, MBA, MM beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan BPCB Mojokerto yang melaksanakan kegiatan Pameran Kepurbakalaan di Kabupaten Banyuwangi, disampaikan juga bahwa Banyuwangi memiliki tinggalan purbakala yang banyak, sehingga Dinas Budpar Banyuwangi akan mendorong dan mengusulkan untuk segera dibuat Perda tentang cagar budaya.

Setelah memberikan sambutan

Bapak Bramuda diminta membuka Pameran Kepurbakalaan 2013 dengan prosesi pemotongan pita, selanjutnya beliau beserta undangan yang hadir dipandu secara langsung oleh Kepala BPCB Mojokerto untuk berkeliling melihat koleksi yang dipamerkan. Salah satu koleksi yang dipamerkan adalah Stupika dari Gumuk Klinting temuan dari Banyuwangi, temuan ini pernah menghebohkan, karena jumlah temuannya yang cukup banyak sekitar 350 stupika.

Pameran Kepurbakalaan di Kabupaten Banyuwangi dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 29 Oktober s.d 01 Nopember 2013, bertempat di Gedung Wanita Jl. Kartini Kabupaten Banyuwangi (dekat Taman Blambangan). (noz)

Sumber : https://www.dosenpendidikan.co.id/