Miniatur Denah Lokasi
Posted in: Pendidikan

Miniatur Denah Lokasi

Miniatur Denah Lokasi

Miniatur Denah Lokasi
Miniatur Denah Lokasi

Media Sederhana dari Alat dan Bahan yang Sederhana “Miniatur Denah Lokasi”

Alat dan Bahan

  1. Gunting
  2. Mistar/Penggaris
  3. Pensil
  4. Karet penghapus
  5. Triplek bekas
  6. Karton hitam
  7. Kalender bekas
  8. Lem
  9. Kertas origami
  10. Cat jika ada

Langkah Pembuatan

  1. Setelah semua alat dan bahan lengkap, langkah pertama yaitu warnai atau cat triplek bekas           dengan cat sisa agar terlihat lebih indah.
  2. Sambil menunggu cat pada triplek mengering, buatlah pola berupa bangunan-bangunan pada kalender bekas (bangunan sesuai kebutuhan; rumah, kantor polisi, apotek, mall, dll) dan untuk ukuran sesuai kebutuhan masing-masing tergantung panjang dan lebar triplek yang digunakan sebagai papan media.
  3. Potonglah pola-pola tersebut dengan menyisakan 1,5 cm pada bagian alasnya agar bisa ditempel pada triplek.
  4. Kemudian buatlah aksen pintu, jendela, maupun warna bangunan menggunakan kertas origami sesuai dengan warna yang diinginkan.
  5. Selanjutnya pastikan triplek yang sudah dicat tadi mengering, lalu buatlah desain denah yang diinginkan berupa desain jalan dan penempatan bangunannya.
  6. Setelah desain denah selesai, tempelkan karton hitam yang sudah dipotong selebar 2 cm sebagai bahan jalan dan tempelkan setelah itu potongan kertas putih kecil-kecil sebagai pembatas jalan.
  7. Tempelkan bangunan-bangunan tadi ditempat yang diinginkan pada papan media (triplek) yang jalannya sudah ada.
  8. Untuk mempercantik media, tambahkan aksesoris lain seperti pagar disetiap bangunan, bendera di kantor polisi, adanya tumbuhan, taman, dan rerumputan.
  9. Jangan lupa untuk menempelkan arah mata angin di sebelah kanan atas media agar peserta didik paham kemana arah jalan.
  10. Media sudah dapat digunakan dalam pembelajaran.

Baca Juga