Microsoft Powerpoint
Posted in: Pendidikan

Microsoft Powerpoint

Microsoft Powerpoint

Microsoft Powerpoint

Micorosoft PowerPoint adalah

program aplikasi untuk membuat pre-sentasi secara elektronik yang handal. Presentasi PowerPoint dapat terdiri dari teks, grafik, objek gambar, clipart, movie, suara, dan objek yang dibuat program lain. Program ini pun dapat dicetak secara langsung menggunakan kertas atau dengan menggunakan transparansi untuk kebutuhan presentasi melalui Overhead, serta dapat dicetak untuk ukuran slide film. Apabila dibutuhkan, dapat dibagikan kepada audiens sebagai bahan pendukung dalam presentasi, maka kita dapat mencetaknya seperti notes, handout, dan outline. Kita juga dapat menampilkan presentasi secara online baik melalui internet maupun intranet.
Power point pun penggunaannya sangat luas terbukti hampir semua orang memakai dalam presentasinya, dari penyajian dengan audensi terbatas maupun yang besar, dari pengajaran di kelas sampai workshop dan seminar.
Penggunaan power point yang meluas ini disebabkan karena beberapa kemudahan diantaranya, hampir semua komputer teristall sofware ini, mudah pengoperasiannya, dan kompatibel dengan pengolah kata sehingga bisa copy paste, tanpa memodifikasi apapun presentasi dapat berjalan baik, dan keunggulan lain pembaca sudah pasti bisa menambahkan sendiri.
Dari beberapa kemudahan pengoperasionalannya, kali ini saya menekankan pada kemudahan perpindahan antar slide tanpa perlu scrip, dengan klik kanan kita bisa memanggil shortcut untuk perpindahan bahkan loncat antar slide.
Kemudahan diatas sangat cocok untuk presentasi yang tidak perlu bolak balik antar slide misal penyajian pada seminar, rapat, warkshop, tetapi kemudahan ini kurang pas kalau digunakan pada media pembelajaran yang arah navigasi(perpindahan slide) tidak linier ( dari slide pertama urut samapai slide terakhir) untuk itu perlu penyesuaian penggunaannya.
Keunggulan Microsoft PowerPoint
Microsoft PowerPoint memiliki beberapa keunggulan dibandingkan program lain, antara lain sebagai berikut:
1. Menyediakan banyak pilihan media presentasi:
– Overhead Tranparacies (Tranparansi Overhead): menggunakan slide proyektor atau OHP,
– Slide Show Presentation (Presentasi Slide Show): menggunakan LCDatau InFocus,
– Online Presentation (Presentasi Online): melalui internet atau LAN,
– Print Out dan Handout: presentasi dicetak dan dibagikan pada peserta.
2. Presentasi Multimedia:
Kita dapat menambahkan berbagai multimedia pada slide presentasi, seperti : clip art, picture, gambar animasi (GIF dan Flash), background audio/music¸ narasi, video klip.
3. Pemaketan slide presentasi ke dalam CD.
Dalam Microsoft PowerPoint 2003, ia memiliki fasilitas untuk memaket slide presentasi ke dalam CD. Presentasi ini dapat ditampilkan langsung (autorun) dan masih dapat ditampilkan walaupun tidak terinstall program PowerPoint.
4. Modus Slide Show yang lengkap.
Selain keungggulan di atas, Microsoft PowerPoint juga memiliki dalam bidang pendidikan, diantaranya adalah:
1. Mendukung dalam Pembelajaran berbasis TIK yang dikembangkan dan digunakan dalam proses pembelajaran.
2. Model pembelajaran yang menarik, sederhana, mudah dan dapat menarik minat belajar siswa.
3. Meminimalisir rasa bosan dalam proses belajar mengajar.
4. Variable model pengajaran kepada siswa.

5. Efisien waktu pengajaran yang sangat membutuhkan waktu banyak dalam persiapan mengajar tetapi minimnya waktu mengajar di kelas


Sumber: https://civitas.uns.ac.id/kasiono/seva-mobil-bekas/