Posted in: Pendidikan

MENGAPA ANDA HARUS MEMBUAT BLOG

MENGAPA ANDA HARUS MEMBUAT BLOG?

Tidak ada alasan yang pasti mengapa seseorang membuat blog. Semuanya tergantung motivasi individu yang bersangkutan. Tapi ada beberapa tujuan dan alasan yang mungkin tidak terpikirkan ketika ingin membuat blog, yang dapat menambah wawasan dan perspektif ke mana blog yang Anda bangun akan digiring nantinya.
Beberapa orang membuat blog sekedar hobi. Memang inilah tujuan awalnya ketika perangkat lunak blog pertama dikembangkan. Mereka ingin cara yang mudah untuk mengarsip catatan pribadi dan juga berbagi dengan yang lainnya apa yang mereka tulis. Blog saat ini dapat dipergunakan sebagai album foto, berbagi pengalaman tentang apa yang Anda pelajari sehari-hari, maupun sebagi cara untuk berkomunikasi dengan teman dekat atau sanak keluarga.
Secara profesional dan dari segi bisnis, blog dapat digali lebih jauh agar menawarkan keuntungan berikut ini bagi Anda:
  • Mendemonstrasikan keahlian dan membangun komunitas. Tidak ada cara yang lebih baik untuk mendemonstrasikan keahlian Anda selain menulisnya. Orang yang menemukan tulisan Anda akan menyimpulkan sendiri apakah Anda cukup berpengetahuan tentang suatu topik. Tidak perlu menyombongkan diri dan dikira membuat klaim palsu. Blog juga dapat dipergunakan untuk mengumpulkan pemirsa dan membangun komunitas seputar suatu bidang.
  • Sebagai curriculum vitae (CV) atau resume. CV atau resume tradisional sudah kedaluarsa. Setiap orang dapat menulis resume terbaik dengan daftar keahlian yang panjangnya berkilometer. Tapi dewasa ini yang dibutuhkan perusahaan adalah bukti Anda benar-benar menguasai bidang tersebut. Dengan memiliki blog dan menciptakan konten yang bermutu seputar topik yang Anda kuasai, Anda memiliki alat pendukung kuat bagi resume Anda.
  • Sebagai sumber pendapatan penuh atau sampingan. Ada banyak peluang terduga maupun tak terduga yang dapat dikembangkan dari sebuah blog. Dengan pemirsa yang tetap dan tertarget, Anda bisa saja bekerjasama dengan jejaring periklanan untuk menampilkan iklan. Model bisnis ini cukup terkenal karena Anda hanya fokus pada pembuatan konten dan komunitas. Banyak blogger yang juga berhasil mendapatkan kontrak penulisan buku, menjadi pembicara di seminar, konsultasi dan beberapa pendapatan lainnya.
Untuk badan usaha mikro, kecil maupun menengah, memiliki sebuah blog akan lebih menguntungkan lagi. Anda dapat mempublikasikan berita terbaru, promosi, acara maupun kontes bagi prospek dan pelanggan Anda tanpa perlu mengeluarkan dana yang besar. Dengan komunitas yang solid, komunitas Anda akan menjadi supporter dan promotor bagi bisnis Anda. Mereka akan memberitahukan orang lain tentang produk baru, tentang promosi Anda, apa saja. Hal-hal tersebut harus diakui bahkan tidak dapat dibeli dengan iklan.
Jadi apapun tujuan Anda, apakah ingin membuat sebuah blog hanya untuk alasan pribadi ataupun berkomunikasi dengan prospek dan pelanggan serta menciptakan kehadiran yang lebih nyata di dunia maya, sebuah blog dapat membantu Anda.

PLATFORM BLOG MANA YANG TERBAIK BAGI ANDA?

Jawabannya sederhana saja. WordPress atau Blogger. Bila Anda ingin membuat blog gratis maka pilihannya di antara WordPress.com ataupun Blogger. Untuk blog yang dibangun pada hosting Anda sendiri, maka satu yang paling populer adalah WordPress.org. Kebetulan pula kedua platform tersebut merupakan yang termudah dengan tutorial blog yang memadai.
WordPress.com menggunakan perangkat lunak dari WordPress.org untuk memberikan jasa hosting kepada pemakai Internet. Tentunya ada opsi-opsi yang harus Anda beli bila ingin menambah fitur. Dengan menginstal WordPress.org di hosting Anda sendiri, Anda dapat menyesuaikan fitur sesuai keinginan Anda selama hosting Anda mengizinkannya.
Sebenarnya ada banyak platform blog lainnya tapi WordPress dan Blogger telah menjadi begitu populer… dan pada dasarnya dapat dibentuk menjadi apapun yang Anda inginkan sehingga tidak ada alasan lain memilih yang lain. Bila Anda menemukan masalah atau ingin suatu fitur tambahan, dengan memilih platform yang populer, ada banyak kemungkinan orang lain telah menyelesaikan problema atau mengembangkan fitur tersebut.