Manfaat Internet Secara Umum
Posted in: Teknologi

Manfaat Internet Secara Umum

Manfaat Internet Secara Umum

Manfaat Internet Secara Umum
Manfaat Internet Secara Umum

Internet sebagai sebuah sistem komunikasi global yang menghubung-kan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia ini memiliki suatu jaringan yang akan terhubung secara langsung maupun tidak langsung ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan satu dengan yang lainnya menggunakan unique name yang biasa disebut dengan alamat IP 32 bit, misalnya 202.155.4.230.

Komputer dan jaringan dengan berbagai platform yang mempunyai perbedaan dan ciri khas masing-masing (Unix, Linux, Windows, Mac, dan lain-lain) bertukar informasi dengan sebuah protokol standar yang dikenal dengan nama TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

TCP/IP tersusun atas 4 layer (Network Access, Internet, Host-to-Host Transport, dan Application) yang masing-masing memiliki protokolnya sendiri-sendiri.

Dalam internet jaringan komputer yang saling terhubung ke seluruh dunia tidak mengenal batas teritorial, hukum, dan budaya. Media informasi tanpa batas ini belakangan sangat populer dan disebut dengan Cyberspace. Saat ini diperkirakan terdapat 30.000 jaringan yang terhubung dengan internet.

Seperti halnya dunia nyata, dalam dunia internet ada juga hitam-putihnya. Selain banyak memberikan keuntungan bagi pemakai, yakni memberikan informasi yang sifatnya mendidik, positif, dan bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia.

Internet juga membawa dampak negatif yaitu sebagai lahan kejelekan dan kemaksiatan seperti kemudahan orang untuk menjiplak karya orang lain, kejahatan penggunaan kartu kredit (Script kiddie), perusakan sistem melalui virus, penayangan p*rnografi, dan bahkan kemudahan dalam melakukan agitasi.

Hanya etika, mental, dan keimanan masing-masinglah yang menentukan batas masing-masing.

Kelebihan Internet

Koneksitas dan jangkauan global tanpa mengenal ruang
Akses 24 jam, tidak dibatasi dengan waktu
Memiliki kecepatan pencarian informasi
Memeberikan interaktivitas dan fleksibilitas yang tinggi yakni dapat lakukan dengan tanpa batas ruang dan waktu

Kekurangan Internet

Menjadi sarana penyebaran hal-hal yang bersifat negatif seperti p*rnografi.
Timbulnya modus kejahatan baru melalui dunia maya, misalnya kejahatan penggunaan kartu kredit.
Ancaman virus, khususnya penyebaran melalui jaringan global internet pada saat download.

Baca Juga: