Landasan pemikiran epistemologi
Posted in: Pendidikan

Landasan pemikiran epistimologi

Landasan pemikiran epistimologi

Landasan pemikiran epistemologi

Landasan epistimologi disebut juga metode ilmiah

Yaitu cara yang dilakukan ilmu dalam menyusun pengetahuan yang benar. Metode ilmiah merupakan ptosedure yang ingin mendapat kan pengetahuan yang disebut ilmu. Jadi, ilmu pengetahuan merupakan pengetahuan yang didapatkan lewat metode ilmiah. Tidak semua pengetahuan disebut ilmiah, sebab ilmu  merupakan pengetahuan yang cara mendapatkannya harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Syarat-syarat yang harus dipenuhi agar sesuatu pengetahuan bisa disebut ilmu yang tercantum dalam metode ilmiah. Dengan demikian, metode ilmiah merupakan penentu layak tidaknya  pengetahuan menjadi ilmu. Sehingga memilki fungsi yang sangat penting daam bangunan ilmu pengetahuan. Metode ilmiah telah dijadikan pedoman dalam menyusun, membangun,  dan mengembangkan pengetahuan umum.

Menurut baharuddin salam metode ilmiah dapat dideskripsikan dalam langkah-langkah sebagia berikut:

  1. Penemuan dan penentuan masalah
  2. Perumusan kerangka masalah
  3. Penajuan hipotesis
  4. Hipotesis dari deduksi
  5. Pembuktian hipotesis
  6. Penerimaan hipotesis

Epistimologi diperlukan dalam pendidikan antara lain salah saatunya dalm hubungannya dengan penyusunan dasar kurikulum. Pengetahuan apa yang akan diberikan kepada siswa ataupun anak didik. Diajarkan  di sekolah dan bagaimana cara memperoleh pengetahuan dan bagaaimna cara  memperoleh pengetahuan dan cara menyampaikannya seperti apa? Dan itu semua adalah epistimologi pendidikan.

Ada juga kajian epistimologi matematika yaitu sekelompok pernytaan mengenai apakah matemtika itu, jenis pengetahuan apa( pengetahuan empirik ataukah pengetahuan pra-pengalaman.


Baca Juga :