Kumpulan Contoh Pidato Singkat

Kumpulan Contoh Pidato Singkat

Kumpulan Contoh Pidato Singkat

Kumpulan Contoh Pidato Singkat
Kumpulan Contoh Pidato Singkat

Nama    : Rian Aryadi
Kelas    : IX.h

Pengaruh Internet Terhadap Remaja

Assalamualaikum wr wb,
Yang terhormat Bapak  Faurizal sebagai guru pembimbing Matapelajaran Bahasa Indonesia kelas IX.h,
Yang terhormat teman-teman seperjuangan yang saya cintai,
pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini, saya ucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul Pengaruh Internet Terhadap Remaja.
Bapak guru dan teman-teman sekalian yang saya hormati,
Sebelum saya memulai berpidato saya ingin menyampaikan batasan masalah yang akan saya sampaikan didalam pidato hari ini, yakni diantaranya ; pengaruh internet terhadap remaja dilihat dari segi positif dan dari segi negative.
Internet, kata yang tidak asing di telinga setiap orang, terutama para remaja yang senantiasa bergaul dengan mewahnya dunia yang bertekhnologi, mewah, dan praktis, Internet bisa didapatkan dimanapun kita berada, dengan bermodalkan telepon selular yang memiliki koneksi internet, internet dapat diakses dengan mudahnya melalui HP dimanapun kita berada, atau jika tidak, disetiap sudut kota pasti terdapat sebuah Warung yang menjual jasa internet atau yang biasa disebut dengan Warnet, Dunia Informasi Tanpa Batas, begitulah orang-orang menyebutnya, saya sendiri tidak begitu yakin tapi apa boleh dikata memang begitu keadaannya, dengan adanya Internet, Akses atau jalan terhadap penyampaian Informasi-informasi yang ada didunia ini dapat diambil dengan mudahnya seraya membalikkan tangan atau mengejapkan mata.
Bapak guru dan teman-teman sekalian yang saya hormati,
Banyak Ilmu pengetahuan yang begitu melimpah disana, informasi mengenai apapun dapat kita temukan di jagat internet ini, lalu apa hubungannya dengan Siswa? Tentu saja sangat erat hubungannya dengan siswa karena siswa tidak luput dengan yang namanya informasi dan ilmu pengetahuan, internet ini adalah media yang paling efektif dan mudah untuk didapatkan dan diakses oleh siapa saja dimanapun, walaupun tak dapat dipungkiri bahwa karena adanya kebebasan ini dapat terjadi pula penyalah gunaan fasilitas internet sebagai sarana untuk Kriminalitas atau Asusila, siswa yang baru mengenal internet biasanya menggunakan fasilitas ini untuk mencari hal yang aneh-aneh? Seperti gambar-gambar yang tidak senonoh, atau video-video aneh yang bersifat asusila lainnya yang dapat mempengaruhi jiwa dan kepribadian dari siswa itu sendiri, sehingga siswa terpengaruh dan mengganggu konsentrasinya terhadap proses pembelajaran disekolah.
Bapak guru dan teman-teman sekalian yang saya hormati,
Namun demikian tidak semua siswa melakukan hal yang demikian, hanya segelintir siswa-siswa yang usil saja yang dapat melakukannya karena kurang memiliki rasa tanggungjawab terhadap diri pribadi dan sekitarnya, namun pada umumnya internet digunakan oleh setiap siswa untuk mencari atau mendapatkan informasi yang berhubungan dengan materi pelajaran yang ia terima disekolah, hal tersebut memungkinkan siswa menjadi lebih kreatif dan lebih aktif dalam mencari sumber informasi dan ilmu pengetahuan dibandingkan dengan siswa-siswa yang hanya duduk diam didepan meja dan mendengarkan gurunya berbicara.
Hal ini dapat menjadi sebuah motivator terhadap siswa untuk terus berkembang dan juga dapat berfungsi sebagai penghancur (generasi muda), remaja adalah makhluk yang rentan terhadap perubahan disekitarnya, dia akan mengikuti hal yang paling dominant yang berada didekatnya jadi kemungkinan terjadinya perubahan yang drastis dalam masa-masa remaja akan mendorong kearah mana remaja itu akan berjalan, kearah positif atau negative tergantung dari mana di memulai.
Bapak guru dan teman-teman sekalian yang saya hormati,
Remaja yang kesehariannya bergaul dengan internet akan lebih tanggap terhadap perubahan informasi disekitarnya karena ia terbiasa dan lebih mengetahui tentang informasi-informasi tersebut sehingga dia lebih daripada yang lainnya. Tetapi selain itu, remaja yang memiliki kecenderungan pada hal yang negative justru sebaliknya, dia akan nampak pasif karena hanya diperbudak oleh kemudahan dan kayaan informasi dari internet tersebut.
Bapak guru dan teman-teman sekalian yang saya hormati,
Maka dari itu alangkah baiknya jika kita bisa dengan bijak menggunakan fasilitas ini dengan sebaik-baiknya dalam hal yang positif demi kemajuan diri dan pribadi kita, dan selaku remaja kita semua harus dapat menguasai teknologi yang sedang berlari kencang pada era ini, karena dengan demikian kita pun akan ikut berlari menyongsong masa depan.
Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih, akhirul kata, wassalamualaikum wr wb

Nama    : Bunga Clara Diva
Kelas    : IX.d

Lingkungan Sehat

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Pertama dan utama, marilah kita terlebih dahulu untuk mengungkapkan rasa syukur kita kehadirat ALLah SWT yang telah melimpahkan segala rahmat dan nikmatNya sehingga kita semua yang ada disini masih diberikan kebebasan untuk dapat menghirup udara tanpa bersusah payah. Tak lupa juga shalawat serta salam marilah senantiasa kita curahkan kepada junjungan kita nabi mulia Muhammad SAW yang syafaatnya akan senantiasa kita nantikan di Yaumul Kiyamah.
Yang terhormat Bapak Kepala SMP Negeri 4 Rejang Lebong.
Yang terhormat Ibu Neti Herawati  selaku  guru Pengajar Bahasa Indonesia kelas IXd.
Dan tak lupa, teman-teman  seperjuangan  yang saya cintai.
Pada kesempatan ini saya akan mebawakan materi pidato dengan Judul Lingkungan Sehat.
Hadirin sekalian yang saya hormati dan saya banggakan.
Hampir semua masyarakat menyadari bahwa lingkungan merupakan tempat hidup manusia untuk menggantungkan hidupnya. Bahkan tak hanya manusia, hewan dan juga tumbuhan memiliki hak yang sama untuk dapat tinggal. Sehingga pada dasarnya, semua makhluk hidup yang ada di lingkungan ini memiliki kewajiban untuk menjaganya dan hanya sekedar untuk menggali segala potensi dan kekayaan yang ada di dalamnya. Sebuah lingkungan yang sehat maka pastinya semua makhluk hidup yang ada di dalamnya juga dapat hidup dengan nyaman dan tentu saja juga sehat. karena biar bagaimanapun, lingkungan merupakan salah satu faktor penting dalam menjaga kualitas hidup makhluk hidup di dalamnya.
Hadirin sekalian yang saya hormati dan saya banggakan.
Pada dasarnya menjaga lingkungan tak harus dilakukan dengan cara-cara yang besar, bahkan pada dasarnya berbagai masalah yang muncul di lingkungan kita sebenarnya dimulai dari hal-hal yang sepele. Ketika banjir datang melanda, pada dasarnya bencana tersebut merupakan salah satu akibat dari hal sepele yang sering diabaikan masyarakat kita yaitu kebiasaan membuang sampah tidak pada tempatnya. Tentunya semua akan mengakui bahwa pada dasarnya membuang sampah pada tempatnya merupakan salah satu hal yang sepele. Namun nampaknya kebiasaan sepele itulah yang kemudian dapat menjadi faktor penting dalam menjaga kesehatan lingkungan. Bisa kita bayangkan seandainnya, setiap orang memiliki kebiasaan membuang sampah pada tempatnya, maka pastinya berbagai bencana seperti bencana banjir, tumpukan sampah yang hingga tertimbun berton-ton setiap akhirnya tidak akan terjadi. Dan jika kedua masalah tersebut dapa dihilangkan, maka segala macam penyakit yang ditimbulkan akibat masalah tersebut juga hilang. Melihat hal tersebut tentunya kita bisa membayangkan, hanya dengan melakukan kegiatan sepele seperti membuang sampah pada tempatnya saja sudah mampu memperikan efek yang demikian luar biasa, maka bagaimanan jika hal-hal besar dilakukan. Pastinya sebuah perubahan lingkungan yang sehat tak akan lagi hanya sebatas mimpi.
Hadirin sekalian yang saya hormati dan saya banggakan.
Oleh sebab itu, pada kesempatan kali saya hanya mampu mencoba mengajak hadirin sekalian untuk memulai sikap-sikap sepele yang bertujuan untuk menciptakan sebuah lingkungan sehat. membuang sampah pada tempatnya, membakar sampah-sampah yang tidak dapat terurai, tidak menebang pohon semaunya sendiri tentunya merupakan kegiatan sepele yang tidak membutuhkan banyak tenaga dan hanya membutuhkan suatu kesadaran saja.
Hadirin sekalian yang saya hormati dan saya banggakan.
Kiranya hanya sekian saja yang dapat saya sampaikan.
Akhirul Kalam.Wabillahi Taufiq Wal Hidayah.Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

 Nama    : Suraini Saputri
Kelas     : IX.i

Menghindari Makanan 4P
(Pemanis,Pengawet,dan pewarna,dan penyedap makanan)

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Yang terhormat, Bapak Faurizal  selaku guru Bahasa Indonesia kelas IX.i
Dan teman-teman Seperjuangan sekalian yang saya sayangi
Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah swt, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kita sekalian dapat hadir dan berkumpul pada ruangan kelas IX.i kesempatan kali ini. Kali ini, saya akan berpidato mengenai Menghindari Makanan Berbahan 4P,( singkatan dari Pemanis, Pengawet, dan Pewarna, dan Penyedap makanan).
Bapak guru dan teman-teman sekalian yang saya hormati,
Di jaman yang semakin kompleks ini, kapanpun dan dimanapun kita berada sejauh mata memandang selalu kita temui berbagai makanan dan minuman beraneka ragam yang ditawarkan oleh penjual-penjual makanan. Jajanan-jajanan yang beraneka ragam tersebut hampir semuanya memiliki tampilan yang sangat menarik selera konsumen serta rasa yang sangat menggugah lidah untuk menikmatinya. Namun, tahukah kita sekalian bahwa hampir semua makanan yang dijajakan oleh para penjual – penjual makanan tersebut mengandung bahan-bahan yang membahayakan tubuh? Ya. Bahan-bahan tersebut adalah 4P yang merupakan singkatan dari Pemanis, Pengawet, dan Pewarna, dan Penyedap makanan.
Bapak guru dan teman-teman sekalian yang saya hormati,
Setiap makanan maupun minuman pada dasarnya boleh dibubuhi Pemanis, Penyedap, Pengawet, dan Pewarna. Tetapi pada takaran yang tepat dan tidak berlebihan juga mengutamakan pada bahan aditif yang alami. Namun, sayang sekali, orang-orang egois yang ingin mendapatkan keuntungan lebih banyak menyalahgunakan anggapan bahwa membubuhi makanan dengan bahan-bahan aditif boleh dilakukan dengan cara mengganti bahan aditif alami dengan bahan aditif sintetis yang lebih mudah didapatkan dan lebih murah. Tak jarang juga mereka menggunakan pewarna tekstil pada makanan yang dijualnya. Sungguh miris sekali, bahan berbahaya yang harusnya digunakan sebagai tinta warna pakaian masuk dan dicerna oleh tubuh. Lalu menumpuk dan menimbulkan berbagai penyakit. Begitu juga dengan pengawet buatan, para pedagang curang seringkali menggunakan pengawet buatan seperti formalin atau boraks untuk mengawetkan dagangannya. Semua itu dilakukan dengan harapan mereka tidak mendapatkan rugi, supaya dagangannya yang tidak habis bisa dijual kembali keesokan harinya. Pemanis pun juga digunakan untuk mengurangi modal dan mendapatkan keuntungan berlebih. Mengganti gula dengan pemanis buatan seperti siklamat, sakarin, dan aspartam karena dapat diperoleh dengan harga yang lebih murah. Penyedap makanan pun juga diperlakukan sebagai peningkat laba oleh para pedagang. Dengan membubuhi vetsin maupun MSG terhadap dagangannya untuk menarik selera konsumen.
Bapak guru dan teman-teman sekalian yang saya hormati,
Mengkonsumsi makanan berbahan aditif sintetis tentu akan menimbulkan berbagai dampak negatif dalam tubuh kita. Di antaranya akan menyebabkan penumpukan zat-zat kimia dalam tubuh yang nantinya berakibat lanjut pada gangguan organ tubuh seperti kanker, liver, gangguan otak, dan utamanya gangguan-gangguan pada organ pencernaan. Dalam jangka waktu lama, mengkonsumsi makanan yang mengandung 4P sintetis akan berakibat pada kematian.
Bapak guru dan teman-teman sekalian yang saya hormati,
Benar-benar miris sekali kawan, hanya karena mengutamakan kepentingan pribadi pedagang-pedagang curang tersebut tega membuat para konsumennya mencerna bahan-bahan berbahaya seperti yang telah saya ulas. Maka dari itu, dapat disimpulkan, kita perlu mewaspadai makanan-makanan berbahaya tersebut.
Caranya antara lain adalah :
1.Menghindari konsumsi makanan maupun minuman dengan warna yang sangat mencolok mata,
2.Hindarilah membeli makanan yang berharga terlampau murah jika dibandingkan harga makanan tersebut di tempat lain,
3.Jangan lupa perhatikan komposisinya dahulu sebelum membeli apabila makanan atau minuman tersebut buatan pabrik,
4.dan jangan jajan sembarangan.
Harapannya, dengan  melakukan cara-cara yang telah saya sebutkan, kita dapat menghindari dan mengurangi konsumsi makanan dengan kandungan bahan-bahan aditif berbahaya dan mengurangi dampaknya juga dalam tubuh kita.
Bapak guru dan teman-teman sekalian yang saya hormati,
Saya rasa, cukup sekian pidato yang saya bawakan ini. Sekali lagi, kita harus meningkatkan kewaspadaan terhadap makanan-makanan yang beredar di masyarakat karena kecurangan yang dilakukan pedagang-pedagang semakin marak terjadi. Semoga pidato saya dapat bermanfaat bagi kita sekalian. Baiklah, atas perhatian dan waktunya saya ucapkan terima kasih.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Ekonomi dan Politik

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Pertama-tama, tentunya akan kurang afdhol rasanya jika kita tidak terlebih dahulu mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan limpahan rahmat dan karunianya sehingga kita apda datik ini masih diberikan kesempatan untuk dapat menikmati sebuah situasi politik dan ekonomi yang demikian maju. Tak lupa juga rangkaian shalawat serta salam, tentunya tak lupa juga akan kita haturkan kepada junjungan kita, suri tauladan mulia, nabi Muhammd SAW yang telah memberikan petunjuk dan teladan kepada kita, sehingga kita mampu berada di kehidupan yang lebih baik.
Hadirin, yang dimuliakan oleh Allah.
Dalam sebuah kehidupan berbangsa dan bernegara, hubungan antara asepk ekonomi dan politik memang tak bisa dipisahkan satu-satu karena keduanya memiliki hubungan yang begitu erat dimana masing-masing saling mempengaruhi. Sebuah negara dengan kondisi politik yang kondusif maka secara otomatis juga akan menumbuhkan suatu stabilitas ekonomi yang juga mapan dan tertata apik dan sebaliknya, sebuah negara dengan dengan politik yang tidak stabil, maka kondisi ekonominya juga akan morat-marit. Sehingga memang meski keduanya merupakan dua hal yang berbeda namun dua konsep tersebut memang memiliki keterikatan. Sehingga pada akhirnya, semua aspek dalam negara memang harus bahu membahu untuk menjaga keseimbangan antara pembangunan ekonomi dan pembangunan politik. Jangan sampai salah satu aspek tersebut akan tumbuh melampaui aspek yang lainnya. Hadirin, yang dimuliakan oleh Allah.
Pentingnya menjaga keseimbangan antara aspek politik dan ekonomi memang harus disadari betul oleh semua elemen masyarakat. Sehingga pada akhirnya akan saling mencarai cara untuk membuat keduanya tumbuh secara beriringan. Pertumbuhan ekonomi dalam bangsa kita tentunya harus mampu menjangkau dan merata untuk seluruh aspek masyarakat dari segala lapisan masyarakat untuk semua pelosok negeri. strategi pembangunan ekonomi ini tentunya membutuhkan suatu poliik tersendiri agar stratgi tersebut benar-benar dapat berjalan sesuai dengan semestinya. Sehingga tidak akan terjadi, ketimpangan antara rakyat yang berada di perkotaan dan dipelosok pedesaan dalam merasakan pertumbuhan ekonomi dan juga kebijakan politik yang diberikan oleh pemerintah pusat.
Dengan adanya pemerataan pertumbuhan ekonomi dan politik untuk seluruh rakyat ini, maka secara tidak langsung, maka rakyat sendirilah yang kemudian akan secara mandiri mencari cara dan strategi untuk mempertahankan keseimbangan tersebut, meski tanpa adanya perintah atau kebijakan tersebut. Ini disebabkan karena munculnya rasa puas dari rakyat inilah yang kemudian akan memunculkan sebuah kesadaran untuk terus menjaga keseimbangan antara aspek ekonomi dan politik.

Hadirin, yang dimuliakan oleh Allah.
Kiranya hanya cukup singkat saja pidato tentang pentingnya menjaga keseimbangan aspek politik dan ekonomi yang dapat saya sampaikan. Apabila dalam penyampaian saya tadi terdapat banyak tutur kata yang sekiranya kurang berkenan di hati hadirin sekalian. Maka untuk itu saya, memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Akhirul Kalam.
Wabillahi Taufiq Wal Hidayah.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Nama      : Hera purwasih
Kelas      : IX.h

KENAKALAN REMAJA

Assalamualaikum Wr. Wb.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat, taufik, hidayah dan inayahnya kepada kita, sehingga saat ini kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal afiat. Sholawat serta salam senantiasa tercurah kepada junjungan kita, Nabiyullah Muhammad SAW.
Yang terhormat Bapak Kepala SMP Negeri 4 Rejang Lebong.
Yang terhormat Bapak Faurizal selaku  guru Pengajar Bahasa Indonesia kelas IXh.
Dan tak lupa, teman-teman  seperjuangan  yang saya cintai.
Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan sedikit uraian tentang pidato dengan Judul “Kenakalan Remaja “ dikalangan remaja-remaja pada saat ini.
Bapak guru dan teman-teman sekalian yang saya hormati,
Kenakalan remaja di era modern ini sudah melebihi ambang batas yang sewajarnya, banyak remaja yang sudah mulai mengenal narkoba, rokok, freesex, bolos sekolah, geng motor, tawuran dan terlibat dalam kejahatan kriminal lainnya. Hal ini sudah tidak dapat dipungkiri lagi, kita dapat melihat tindakan kenakalan remaja di media elektronik bahkan kita dapat melihatnya langsung di lingkungan sekitar kita.
Bapak guru dan teman-teman sekalian yang saya hormati,
Kenakalan remaja ini dapat disebabkan karena tahap perkembangan pikiran mereka / nalar mereka umumnya masih rendah. Selain itu, faktor penyebab yang menunjang perilaku kenakalan remaja dapat
dikelompokkan menjadi 2 yaitu :
-Faktor Internal.
-Faktor Eksternal.
Faktor Internal.
-FaktorInternal.                                                                                                                                                    Kontrol diri yang lemah Remaja yang tidak bisa membedakan tingkah laku yang dapat diterima dengan tingkah laku yang tidak dapat diterima. Begitupun mereka yang telah mengetahui pebedaan dua tingkah laku tersebut, akan tetapi tidak bisa mengembangkan kontrol diri untuk bertingkah laku sesuai dengan pengetahuannya. Penyebab control diri yang lemah adalah orang yang selalu memendam masalah dalam dirinya/tidak terbuka.
– Faktor Eksternal.
1. Keluarga. Yang menyebabkan kenakalan remaja di lingkungan keluarga adalah :
a. Broken home (perceraian orang tua).
b. Perselisihan antara anggota keluarga.
c. Pendidikan yang salah / salah didik. d. Terlalu memanjakan anak
e. Terlalu keras terhadap anak
f. Kurangnya kasih sayang dan pengawasan orang tua
2. Teman Pengaruh dari teman sepermainan seperti :
a. pergaulan dengan teman yang tidak sebaya / tidak selevel.
b. berteman dengan anak yang nakal
3. Lingkungan Pengaruh dari lingkungan yang tidak baik juga merupakan faktor penyebab kenakalan remaja terjadi, seperti halnya :
a. Dampak negatif IPTEK
b. Tidak adanya media penyalur bakat dan hobinya.
Bapak guru dan teman-teman sekalian yang saya hormati,
Ada beberapa cara yang bisa dijadikan usaha untuk mengatasi dan mencegah kenakalan dikalangan remaja, khususnya untuk diri kita sendiri agar tidak ikut terjerumus kedalamnya, diantaranya :
a. Pentingnya pendidikan agama sejak dini yang berguna untuk mempertebal keimanan diri kita sendiri.
b. Jangan terpancing untuk mencoba hal-hal yang dilarang agama dan hukum yang dianggap salah.
c. Kemauan orang tua untuk membenahi kondisi keluarga sehingga tercipta keluarga yang harmonis, komunikatif, dan nyaman bagi remaja.
Bapak guru dan teman-teman sekalian yang saya hormati,
Kita harus pandai dalam memilih teman dan lingkungan yang baik, serta orang tua memberi arahan dengan siapa dan komunitas mana kita harus bergaul. Untuk itu kita sebagai remaja harus berhati-hati dan dapat menjaga diri kita agar tidak terjerumus ke dalam perilaku kenakalan remaja tersebut. Akan tetapi satu hal yang paling penting agar kita tidak terjerumus dalam kenakalan remaja adalah meningkatkan keimanan dan ketaqwaan dalam diri kita.
Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat. Akhir kata dari saya. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Nama    : Okta Karlina
Kelas    :  IX.D

PIDATO KESEHATAN POLA HIDUP SEHAT

Assalamualaikum Wr. Wb
Yang saya hormati,Ibu guru Bahasa Indonesia
Serta teman-teman, yang saya banggakan
Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan pidato bertema “Kesehatan” tentang menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari .
Ibu guru, dan teman-teman yang saya banggakan
Siapapun tidak akan ingin mengalami sakit. Sehat senantiasa selalau kita harapkan untuk dapat mejalani kehidupan sehari-hari.Pepatah  mengatakan sehat itu mahal harganya. Apabila kita sakit kita akan berjuang  dengan sekuat tenaga untuk dapat  kembali sehat.Semua harta akan dihabiskan untuk dapat menemui sehat, semua tenaga akan dikerahkan untuk dapat kembali ke keadaan sehat.
Maka dari itu, dari pada kita mengorbankan harta dan tenaga yang banyak untuk dapat memperoleh kembali kesehatan, kita harus mencegah penyakit tersebut datang dengan menerapkan pola hidup sehat yang tentunya dapat menjaga kita dari bahaya kesakitan .
Ibu guru, dan teman-teman yang berbahagia
Pola hidup sehat adalah kebiasaan seseorang untuk menerapkan kehidupan sehat dalam kehidupan sehari-hari  dan menghindari kebiasaan buruk yang dapat menggagu kesehatan.Dengan menerapkan pola hidup sehat , Kita akan dapat terhindar dari berbagai macam penyakit, aktivitas sehari-hari dapat  dilaksanakan dengan lancar, serta akan penampilan lebih menarik.
Pola hidup sehat sangat mudah untuk menerapkannya namun sering disepelekan orang, kita hanya perlu melaksanakannya dengan giat dan terus menerus. Pola hidup sehat dapat kita laksanakan dengan menjaga kebersihan lingkungan dan makan makanan yang bergizi. Untuk itu, “Marilah kita jaga kesehatan kita, karena sehat itu harta yang paling mahal didunia ini.”
Sekian Pidato yang dapat saya sampaikan pada kesempatan  ini, semoga  mulai dari sekarang kita bisa menjaga diri kita dan keluarga kita dati serangan penyakit dengan membiasakan pola hidup sehat.
Terimakasih atas perhatian ibu guru dan teman-teman semua. Bila ada kelebihan itu datangnya dari Allah SWT dan bila ada kesalahan itu datangnya  dari  saya sendiri. Terimakasih.      Wassalam mualaikum Wr,Wb.

(Sumber: https://dosen.co.id/)