Posted in: Pendidikan

 Klasifikasi Penelitian berdasarkan Tujuannya

 Klasifikasi Penelitian berdasarkan Tujuannya

  1. Penelitian dasar[1]

Penelitian dasar disebut juga penelitian murni atau penelitian pokok adalah penelitian yang dipergunakan untuk mengembangkan teori yang sudah ada atau menemukan teori baru suatu ilmu pengetahuan, memberikan sumbangan besar terhadap pengembangan serta pengujian teori-teori yang akan mendasari penelitian terapan. Hasil penelitian dasar mungkin belum bisa dimanfaatkan secara langsung akan tetapi sangat berguna untuk kehidupan yang lebih baik. Penelitian dasar tidak diarahkan untuk memecahkan masalah praktis akan tetapi prinsi-prinsip atau teori yag dihasilkannya dapat mendasari pemecaahan masalah praktis, misalnya penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan perilaku manusia. Hasil penelitian dasar tersebut sering digunakan sebagai landasan bagi penelitian terapan.

Adapun penelitian dasar terbagi menjadi dua, yaitu:[2]

  1. Penelitian Deduktif, adalah penelitan yang mempunyai sifat umum menjadi khusus. Artinya, penelitian ini harus diawali dengan adanya sebuah teori yang sudah ada kemudian diadakan penelitian untuk membuktikan teori tersebut (Teori – Hipotesis – Observasi – Konfirmasi). Penelitian ini biasanya bersifat kuantitatif.

Contoh: Teori: logam ketika dipanaskan akan memuai. Hipotesis: apakah emas, tembaga, timah, perak, platinum (merupakan jenis logam) ketika dipanaskan akan memuai?. Observasi: melakukan pengujian dan pembuktian terhadap emas, tembaga, timah, perak dan platinum, apakah memuai ketika dipanaskan atau tidak. Konfirmasi: ternyata teori yang sudah ada terbukti benar, bahwa semua jenis logam akan memuai ketika dipanaskan.

  1. Penelitian Induktif, adalah penelitian yang mempunyai sifat khusus menjadi umum. Artinya, penelitian ini dilakukan untuk membangun sebuah teori berdasarkan hasil pengamatan atau observasi yang dilakukan secara berulang-ulang dan memmbentuk pola yang akan melahitrkan hipotesis yang berasal dari pola pengamatan yang dilakukan dan barulah diperoleh sebuah teori. Penelitian ini lebih bersifat kualitatif.

sumber :

https://icanhasmotivation.com/cara-beli-mobil-bekas-online/