Keterampilan Memberi Penguatan
Posted in: Pendidikan

Keterampilan Memberi Penguatan

Keterampilan Memberi Penguatan

Keterampilan Memberi Penguatan
Keterampilan Memberi Penguatan

Pada umumnya penghargaan memberi pengaruh positif terhadap kehidupan manusia, karena dapat mendorong dan memperbaiki tingkah laku seseorang serta meningkatkan usahanya. Untuk kegiatan proses pembelajaran, penghargaan mempunyai arti tersendiri. Semua penghargaan ini tidak berwujud materi, melainkan dalam bentuk kata-kata, senyuman, anggukan, dan sentuhan. Pada dasarnya antara keterampilan bertanya saling terkait satu sama lainnya.

Penguatan itu sendiri adalah respons terhadap satu tingkah laku positif yang dapat meningkatkan kemungkinan berulangnya kembali tingkah laku tersebut. Penguatan harus mendapatkan perhatian yang serius, dimana ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan keterampilan penguatan antara lain:

  1. Hindari komentar negative jika peserta didik tidak mampu menjawab pertanyaan dan jangan dibentak atau dihina.
  2. Kehangatan, arrtinya perlihatkan dalam gerakan, mimic, suara, serta anggukan yang serius.
  3. Kesungguhan, dilaksanakan dengan serius tidak basa-basi.
  4. Bermakna, jika guru bertanya dan peserta didik menjawab maka guru harus menjawab seperti bagus, tepat.
  5. Perlu ada variasi, seperti anggukan, senyum, sentuhan, bagus, gerakan tangan.

            Seyogjanya, guru harus melatih berbagai jenis penguatan dan pembiasaan diri untuk menerapkan dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran tidak hanya sekedar berisi sajian materi untuk dikuasai oleh peserta didik, tetapi bermuatan nilai-nilai edukatif untuk membentuk pribadi-pribadi yang selalu saling menghargai.

harus melatih berbagai jenis penguatan dan pembiasaan diri untuk menerapkan dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran tidak hanya sekedar berisi sajian materi untuk dikuasai oleh peserta didik, tetapi bermuatan nilai-nilai edukatif untuk membentuk pribadi-pribadi yang selalu saling menghargai.

            Dalam memberikan penguatan diperlukan penggunaan komponen keterampilan yang tepat. Komponen tersebut yaitu :

Penguatan Verbal

Pujian dan dorongan yang diucapkan oleh guru untuk respon atau tingkah laku siswa adalah penguatan verbal. Ucapan tersebut dapat berupa kata-kata ; bagus, baik, betul, tepat, benar dan lain-lain. Dapat juga berupa kalimat.

Penguatan Gestural

Pemberian penguatan gestural sangat erat sekali dengan pemberian penguatan verbal. Ucapan atau komentar yang diberikan guru terhadap respon, tingkah laku, pikiran siswa dapat dilakukan dengan mimik yang cerah, dengan senyum, mengangguk, acungan jempol, tepuk tangan dan lain-lain.

Penguatan Kegiatan

Perlu diperhatikan bahwa dalam memilih kegiatan atau tugas hendaknya dipilih yang memiliki relevansi dengan tujuan pelajaran yang dibutuhkan dan digunakan siswa. Contoh peguatan kegiatan : pulang lebih dulu, diberi waktu istirahat lebih, berolah raga, menjadi ketua, dan lain-lain yang menyenangkan.

Penguatan Mendekati

Penguatan mendekati siswa secara fisik dipergunakan untuk memperkuat penguatan verbal, penguatan tanda, dan penguatan sentuhan. Contoh : berdiri di samping siswa, berjalan dekat siswa, duduk dekat kelompok diskusi dan berjalan maju.

Penguatan Sentuhan

Penguatan sentuhan adalah merupakan penguatan yang terjadi bila guru secara fisik menyentuh siswa, misalnya menepuk bahu, berjabat tangan, mengusap kepala, merangkulnya, menaikkan tangan siswa, yang semuanya ditunjukan untuk penghargaan penampilan, tingkah laku atau kerja siswa.

Penguatan Tanda

Penguatan tanda adalah penghargaan yang diberikan oleh guru kepada siswa menggunakan berbagai macam simbol baik berupa benda ataupun tulisan. Contoh tulisan : ijazah, sertifikat, dan lain-lain. Contoh penguatan benda : bintang, piala, medali, buku, gembang gula, dan lain-lain.

Sumber : https://www.seputarpengetahuan.co.id/2015/09/sifat-wajib-dan-mustahil-bagi-nabi-dan-rasul-beserta-artinya.html