Posted in: Pendidikan

KB menurut UU

KB menurut UU

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 10 TAHUN 1992 pasal 1 ayat 2,(tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga sejahtera) adalah upaya peningkatan kepeddulian dan peran serta masyarakat melalui pendewasaan usia perkawinan (PUP),pengaturan kelahiran,pembinaan ketahanan keluarga,peningkatan kesejahteraan keluarga kecil,bahagia dan sejahtera. Sedangkan pengertian program Keluarga Berencana(KB) menurut UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 52 TAHUN 2009, BAB I PASAL 1 AYAT AYAT 8 KETENTUAN UMUM (tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga) Keluarga Berencana adalah upaya mengatur kelahiran anak,jarak dan usia ideal melahirkan,mengatur kehamilan melalui promosi, perlindungan dan bantuan sesuai dengan hak reproduksi untuk mewujudkan keluarga yang berkuaitas.

  1. KB menurut pandangan hukum islam

Disampaikan oleh ustad Abu ZubairLc, bahwa KB dalam islam awalnya adalah haram, sebabtelah ada KB alami yaitu waktu seorang ibu menyusui anaknya, kurang lebih dalam masa 2tahun, pada masa itu seorang ibu tidak akan hamil.

Ada sebuah ayat mengatakan mengenai hal itu bahwa,”mempunyai keturunan yang banyak adalah baik” maka dalm pernyataan itu seolah mendukung setiap keluarga untuk memiliki keturunan sebanyak-banyaknya, namun hal yang penting dari sisi lain juga perlu dipertimbangkan yaitu sperti:

  1. Aspek mental
  2. Psikologi dari ibu khususnya
  3. Kedua orang tua umumnya
  4. Aspek ekonomi
  5. Aspek sosial

Hal ini sesuai dengan sebuah ayat al-qur’an yang menyatakan bahwa “janganlah kamu sekalian meninggalkan keturunan yang lemah”. Selain itu, dampak dari sebuah keluarga yang terjalin tanpa perencanaan yang baik cenderung akan membawa kegagalan dalam berbagai hal, secara logika bahwa aspek diatas sangat memberi pengaruh terhadap kualtas manusia. Maka dalam sebuah pernikahan sangat penting berfikir sedini mungkin tentang perencanaan yang baik dan memiliki konsep yang jelas sehingga dapat diselaraskan pada tujuan yang bermanfaat yakni untuk menimba pahala sebanyak-banyaknya untuk kehidupan berkeluarga.

  1. KB menurut kesehatan

Menurut medis dipaparkan oleh Dokter Amru, bahwa KB adalah keluarga berencana, yang mana pastinya memiliki tujuan kesejahteran keluarga, setiap orang dalam hidupnya perlu perencanaan yang baik, termasuk dalam hal memiliki anak. Ada beberapa hal yang menjadi dasar keluarga berencana:

sumber :
https://henri-bienvenu.com/alpha-beta-apk/