Posted in: Kuliner

Kata Adalah atau Ialah

Kata Adalah atau Ialah

Predikat kalimat dapat berupa kata adalah atau ialah. Predikat itu terutama digunakan jika subjekkalimat berupa unsur yang panjang sehingga batas antara subjek dan pelengkap tidak jelas.

Contoh : Justin Bieber adalah penyanyi favoritku

c.         Dapat Diingkarkan

Predikat dalam bahasa Indonesia mempunyai bentuk pengingkaran yang diwujudkan oleh katatidak. Bentuk pengingkaran tidak ini digunakan untuk predikat yang berupa verba atau adjektiva. Disamping tidak sebagai penanda predikat, kata bukan juga merupakan penanda predikat yang berupanomina atau predikat kata merupakan.

Contoh : Kamu tidak hadir dalam rapat kemarin.

d.        Dapat Disertai Kata-kata Aspek atau Modalitas

Predikat kalimat yang berupa verba atau adjektiva dapat disertai kata-kata aspek seperti telah,sudahsedangbelum, dan akan. Kata-kata itu terletak di depan verba atau adjektiva. Kalimat yangsubjeknya berupa nomina bernyawa dapat juga disertai modalitas, kata-kata yang menyatakan sikappembicara (subjek), seperti inginhendak, dan mau.

Contoh : Obama akan datang ke Indonesia.

e.         Unsur Pengisi Predikat

Predikat suatu kalimat dapat berupa:

o Kata, misalnya verba, adjektiva, atau nomina.

o Frasa, misalnya frasa verbal, frasa adjektival, frasa nominal, frasa numeralia (bilangan).

3.        Objek (O)

Objek yaitu keterangan predikat yang memiliki hubungan erat dengan predikat. Unsur kalimat inibersifat wajib dalam susunan kalimat aktif transitif yaitu kalimat yang sedikitnya mempunyai tiga unsurutama, subjek, predikat, dan objek. Predikat yang berupa verba intransitif (kebanyakan berawalan beratauter-) tidak memerlukan objek, sedangkan verba transitif yang memerlukan objek kebanyakanberawalan me-.

Ciri-ciri objek sebagai berikut.

a.    Langsung di Belakang Predikat

Objek hanya memiliki tempat di belakang predikat, tidak pernah mendahului predikat.

Contoh : Sinta memberikan Jojo komputer baru.

b.    Dapat Menjadi Subjek Kalimat Pasif

Objek yang hanya terdapat dalam kalimat aktif dapat menjadi subjek dalam kalimat pasif.Perubahan dari aktif ke pasif ditandai dengan perubahan unsur objek dalam kalimat aktif menjadisubjek dalam kalimat pasif yang disertai dengan perubahan bentuk verba predikatnya.

Contoh : Keju itu dimakan tikus.

c.    Tidak Didahului Preposisi

Objek yang selalu menempati posisi di belakang predikat tidak didahului preposisi. Dengan katalain, di antara predikat dan objek tidak dapat disisipkan preposisi.

Contoh : Dia mengirimi saya bunga mawar.

d.   Didahului Kata Bahwa

Anak kalimat pengganti nomina ditandai oleh kata bahwa dan anak kalimat ini dapat menjadi

unsur objek dalam kalimat transitif.

 

Sumber :

https://finbarroreilly.com/