Jenis-Jenis Web Hosting
Posted in: Pendidikan

Jenis-Jenis Web Hosting

Jenis-Jenis Web Hosting

Jenis-Jenis Web Hosting

1. Shared Hosting

Shared hosting ialah jenis layanan web hosting dimana dalam satu server terdapat beberapa website. Jenis hosting ini umumnya lebih murah dibandingkan yang lainnya, selain karena spesifikasinya “RAM dan CPU” lebih rendah, servernya dipakai oleh beberapa pengguna atau pemilik website. Jenis hosting ini biasanya digunakan oleh para blogger atau pemiliki website yang trafik websitenya tidak banyak.


2. VPS Hosting

VPS hosting ialah singkatan dari Virtual Private Server yaitu sebuah mesin virtual yang digunakan sebagai hosting untuk website. Pada dasarnya VPS mirip dengan shared hosting, namun VPS memiliki kelebihan tersendiri yaitu sumber daya yang lebih besar serta teknologi virtualisasi. Virtual Private Server sangat cocok digunakan oleh blogger atau pemilik website yang memiliki website dengan trafik yang besar.


3. Dedicated Hosting

Dedicated hosting ialah jenis layanan hosting yang menyediakan server yang digunakan hanya untuk satu akun website saja. Dengan kata lain satu server ini didedikasikan untuk melayani satu klien saja atau satu website.


Jenis hosting ini sangat cocok untuk blogger atau pemilik website dengan trafik yang sangat besar. Selain performa website yang lebih baik, dedicated hosting juga menawarkan privasi yang lebih terjaga karena hanya digunakan oleh satu klien saja.


4. Cloud Hosting

Cloud hosting ialah jenis hosting dengan teknologi terbaru yang memanfaatkan teknologi komputasi awan “cloud”. Cloud hosting menggunakan banyak server yang tersebar di banyak titik di berbagai negara sehingga website yang berada dalam hosting ini proses loadingnya lebih cepat, lebih stabil dan cenderung lebih aman.


Baca Juga :