Posted in: Perikanan

Hubungan Antara Ekonomi Manajerial dengan Administrasi Bisnis

Hubungan Antara Ekonomi Manajerial dengan Administrasi Bisnis

Setelah membahas peranan ilmu ekonomi dan ilmu-ilmu pengambilan keputusan dalam ekonomi manajerial, sekarang kita lihat kegunaan dan posisi ekonomi manajerial ini sebagai bagian bidang studi administrasi bisnis. Secara umum administrasi bisnis dikelompokkan ke dalam 4 kategori utama yaitu:

1) Cabang-cabang fungsional

2) Cabang-cabang khusus

3) Cabang-cabang alat

4) Cabang-cabang pemandu.

Cabang-cabang fungsional cukup penting peranannya, karena baik dunia bisnis maupun sekolahsekolah bisnis biasanya terdiri dari departemen-departemen seperti itu. Cabang-cabang khusus cukup besar pula peranannya, dan posisinya dalam kurikulum administrasi bisnis cukup jelas.

Cabang-cabang alat dan pemandu (integrating courses) tidak begitu mudah mengkategorikannya. Akuntansi, misalnya merupakan suatu fungsi di dalam perusahaan. Oleh karena itu, akuntansi tercatat baik sebagai cabang fungsional maupun alat. Pertanyaan pokok sebenarnya adalah : di mana posisi dari ekonomi manajerial ? Sekali lagi, jawabannya tidak jelas.

Walaupun banyak perusahaan yang mempunyai departemen-departemen ekonomi, namun departemen-departemen tersebut biasanya kecil, dan ilmu ekonomi perseorangan bukanlah merupakan suatu fungsi utama di dalam perusahaan. Satu kemungkinannya adalah memasukkan ekonomi manajerial ini sebagai suatu cabang khusus.

  • Peranan Dunia Usaha dalam Masyarakat

 

Unsur  yang sangat penting dalam studi ekonomi manajerial adalah keterkaitan antara dunia usaha dan masyarakat. Ekonomi manajerial ini mampu menjelaskan peranan penting dunia usaha dan bisa menunjukkan bagaimana cara meningkatkan manfaat dunia usaha bagi masyarakat.

Sumber :

https://balikpapanstore.id/polytron-incar-pangsa-pasar-smartphone/