Google meluncurkan 'Baca Bersama,' aplikasi gratis yang membantu anak-anak kecil berlatih membaca
Posted in: Teknologi

Google meluncurkan ‘Baca Bersama,’ aplikasi gratis yang membantu anak-anak kecil berlatih membaca

Google meluncurkan ‘Baca Bersama,’ aplikasi gratis yang membantu anak-anak kecil berlatih membaca

 

 

Google meluncurkan 'Baca Bersama,' aplikasi gratis yang membantu anak-anak kecil berlatih membaca
Google meluncurkan ‘Baca Bersama,’ aplikasi gratis yang membantu anak-anak kecil berlatih membaca

Google hari ini meluncurkan aplikasi baru, Baca Seiring , yang bertujuan untuk membantu siswa sekolah dasar melatih keterampilan membaca mereka dan tetap terlibat dalam pendidikan di tengah penutupan sekolah karena coronavirus. Aplikasi Android baru ini didasarkan pada aplikasi Google yang ada, Bolo, yang diluncurkan di India tahun lalu dengan katalog cerita bacaan dalam Bahasa Inggris dan Hindi. Versi yang diperbarui dan diganti merek sekarang tersedia secara global dengan dukungan untuk sembilan bahasa.

Seperti Bolo, Baca Sepanjang memanfaatkan Google speech recognition dan text-to-speech

untuk membantu anak-anak belajar membaca.

Aplikasi ini mencakup asisten baca bawaan bernama Diya. Ketika anak-anak membaca dengan keras, Diya mendeteksi apakah anak itu berjuang dengan sebuah bagian dan dapat melompat dengan penguatan atau bantuan positif. Kapan saja, anak dapat meminta Diya untuk membantu mereka membaca kalimat atau mengucapkan kata yang tidak mereka ketahui.

Seiring perkembangan anak-anak di aplikasi, mereka dihadiahi permainan kata-kata mini dan dapatkan hadiah dalam aplikasi saat mereka meningkatkan keterampilan mereka.

Google mengatakan aplikasi ini dibuat dengan mempertimbangkan privasi anak-anak dan dapat bekerja tanpa Wi-Fi atau data. Data suara dianalisis secara waktu-nyata pada perangkat, dan tidak disinkronkan, disimpan, atau dianalisis di server Google. Perusahaan juga menekankan bahwa itu tidak menggunakan sampel suara dari anak-anak untuk membuat produk lebih baik.

Aplikasi ini tidak termasuk iklan atau pembelian dalam aplikasi. Orang tua dapat memilih

untuk terhubung ke internet jika mereka ingin mengunduh cerita tambahan, tetapi tidak ada biaya.

Saat diluncurkan, Read Along menawarkan sekitar 500 cerita dan katalog ini terus diperluas dengan buku-buku baru.

Sejak debutnya sebagai Bolo pada Maret 2019 , Google mengatakan umpan balik dari orang tua sangat menggembirakan, mendorongnya untuk membawa aplikasi ke pasar baru. Sementara di India, “Bolo” secara luas dipahami sebagai “berbicara,” Google mengubah citra aplikasi menjadi Read Seiring untuk beresonansi dengan orang tua dan anak-anak di seluruh dunia. Aplikasi ini juga telah diperbarui dengan perpustakaan yang disempurnakan, game baru dan peningkatan antarmuka pengguna lainnya sejak diluncurkan.

Aplikasi Baca Bersama yang baru sekarang tersedia secara global, kecuali di Filipina,

Kolombia, dan Denmark, dan menawarkan cerita dalam Bahasa Inggris, Spanyol, Portugis, Hindi, Marathi, Bengali, Tamil, Telugu dan Urdu.

Aplikasi ini adalah unduhan gratis di Google Play untuk anak usia 5 tahun ke atas.

Baca Juga: