FUNGSI AKUNTANSI MANAJEMEN
Posted in: Pendidikan

FUNGSI AKUNTANSI MANAJEMEN

FUNGSI AKUNTANSI MANAJEMEN

FUNGSI AKUNTANSI MANAJEMEN

Dalam hal ini akuntansi manajemen memiliki fungsi tersendiri dalam penerapannya. Sehingga mampu memudahkan para karyawan perusahaan dalam mengelola suatu siklus keuangan dan perencanaan kegiatan yang akan dilakukan. Agar, mencapai keefektifan dalam melakukan sebuah tindakan strategis.

Fungsi pertama dapat dikatakan bahwa, akutansi manajemen adalah membagi beberapa bagian penting ke dalam sub bab baru sebagai berikut :

  • MANAJER KEUANGAN

Seorang manajer keuangan disini sangat membutuhkan informasi terkait dengan aktifitas keuangan dari sebuah perusahaan maupun sebuah organisasi. Namun, daripada itu, manajer keuangan ini harus mampu mengelolal siklus keuangan yang terjadi dalam sebuah organisasi untuk digunakan dan implementasikan menjadi sebuah pertukaran yang berguna dan efektif.

  • MANAJER PEMASARAN

Manajer pemasaran disini bertindak untuk mengetahui arah dari lajunya informasi mengenai komponen biaya dari suatu barang produksi, terkait harga jual produk, penentuan sistem penjualan secara kredit dan tunai, beban komisi dan penjualan, marketing fee dan masih banyak yang lain. Hal ini diperlukan untuk mendongkrak volume penjualan suatu produk.

  • MANAJER PRODUKSI

Mengenai manajer produksi ini, beberapa hal yang diperlukan adalah mengenai tata kelola dalam proses pemroduksian barang. Meliputi rincian cost of good sold, atau biasa disebut sebagai harga pokok produksi. Seperti biaya produksi, biaya per unit produk, beban tenaga kerja langsung, serta biaya overhead dalam sebuah proses pemroduksian barang.

  • PIHAK TOP MANAJEMEN

Yang dimaksud pihak top manajemen adalah pusat pimpinan dari semua kepala bidang. Baik dari manajer keuangan, manajer produksi, serta manajer pemasaran. Sehingga data yang diperlukan oleh pihak top manajemen ini dapat berupa strategi dalam mengambil kebijakan perusahaan meliputi, penyusunan anggaran, ekspansi usaha, serta kebijakan investasi lainnya.

Dari sini kita bisa melihat adanya strategi dalam mengatur segala jenis bidang yang diperlukan. Mulai dari keuangan, pemasaran, serta pemroduksian. Hal itu digunakan sebagai ujung tombak dalam mengelola sebuah perusahaan berskala multi nasional.


Sumber: https://jpjeunet-siteofficiel.com/planetstorm-apk/