Posted in: Agama

Faktor Ekstern Penyebab Mundurnya Daulah Bani Abbasiyyah

Faktor Ekstern Penyebab Mundurnya Daulah Bani Abbasiyyah

Faktor Ekstern Penyebab Mundurnya Daulah Bani Abbasiyyah

a. Banyaknya pemberontakan

Banyaknya daerah yang tidak diikuasai oleh khalifah dengan memberikan atau memilih gubernur dari orang yang telah berjasa kepada khalifah sebagai hadiah dan penghormatan untuknya.Ditambah dengan kebijakan yang lebih menekankan pada pembinaan peradaban dan kebudayaan Islam. Akibatnya provonsi-provinsi yang diberikan khalifah kepada gubernur-gubernur banyak yang ingin melepaskan diri dari genggaman khalifah Abbasiyah. Adapun cara provinsi-provinsi tersebut melepaskan diri dari kekuasaan Baghdad adalah: Pertama, seorang pemimpin lokal memimpin suatu pemberontakan dan berhasil memperoleh kemerdekaan penuh, seperti Daulah Umayah di Spanyol dan Idrisiyah di Maroko. Kedua, seseorang yang ditunjuk menjadi gubernur oleh khalifah, kedudukannya semakin bertambah kuat, kemudian melepaskan diri, seperti Daulah Aghlabiyah di Tunisia dan Thahiriyah di Kurasan.

b. Bencana Bangsa Turki

Amat besar bahaya umat Turki atas Daulah Abbasiyah.Beberapa khalifah menjadi korban mereka.Tiang tua dan segala persediaan rusak binasa olehnya.Kekacauan timbul dimana-mana, sedang khalifah sendiri menjadi permainan dalam tangan panglima-panglima Turki.Perselisihan antara tentara dan rakyat sering terjadi.Permusuhan diantara panglima-panglima Turki itu sendiri kian menambah buruk dan keruh suasana daulah Abbasiyah.
Kelemahan pemerintah pusat di Baghdad itu menjadi peluang bagi kepala-kepala pemerintahan wilayah untuk melakukan siasatnya.Mereka berusaha memutuskan perhubungan dengan khalifah lalu mendirikan kerajaan sendiri-sendiri dalam daerah mereka.Dengan demikian terurailah buhul tali persatuan Daulah Abbasiyah dan berdirilah kerajaan kecil-kecil dalam pekarangan daulah itu senndiri.

c. Dominasi Bangsa Persia

Pada awal pemerintahan Bani Abbasiyah, keturunan Parsi bekerjasama dalam mengelola pemerintahan dan Daulah Abbasiyah mengalami kemajuan yang cukup pesat dalam berbagai bidang.Pada periode kedua, saat kekhalifahan Bani Abbasiyah sedang mengadakan pergantian khalifah, yaitu dari khalifah Muttaqi kepada khlaifah Muth’ie.Banu Buyah berhasil merebut kekuasaan.Mulanya mereka berkhidmat kepada pembesar-pembesar dari pada khalifah, sehingga banyak dari mereka yang menjadi panglima tentara, diantaranya menjadi panglima besar.Setelah mereka memiliki kedudukan yang kuat, para khalifah Abbasiyah berada di bawah telunjuk mereka dan seluruh pemerintahan berada di tangan mereka. Khalifah Abbasiyah hanya tinggal namanya saja, hanya disebut dalam doa-doa di atas mimbar, bertanda tangan di dalam peraturan dan pengumuman resmi dan nama mereka ditulis atas mata uang, dinar dan dirham.

Baca Juga: