Posted in: Pendidikan

 Di Belakang Predikat

 Di Belakang Predikat

Ciri ini sama dengan objek. Perbedaannya, objek langsung di belakang predikat, sedangkanpelengkap masih dapat disisipi unsur lain, yaitu objek. Contohnya terdapat pada kalimat berikut :

ü  Diah mengirimi saya buku baru.

ü  Mereka membelikan ayahnya sepeda baru.

Unsur kalimat buku baru, sepeda baru di atas berfungsi sebagai pelengkap dan tidak mendahului predikat.

b.      Tidak Didahului Preposisi

Seperti objek, pelengkap tidak didahului preposisi.

Contoh : Sherina bermain piano.

5.        Keterangan (K)

Unsur kalimat yang didahului preposisi disebut keterangan.Keterangan merupakan unsur kalimat yang memberikan informasi lebih lanjut tentang suatuyang dinyatakan dalam kalimat; misalnya, memberi informasi tentang tempat, waktu, cara, sebab, dantujuan. Keterangan ini dapat berupa kata, frasa, atau anak kalimat. Keterangan yang berupa frasa ditandaioleh preposisi, seperti dikedaridalampadakepadaterhadaptentangoleh, dan untuk. Keteranganyang berupa anak kalimat ditandai dengan kata penghubung, seperti ketikakarenameskipunsupaya,jika, dan sehingga.

Berikut ini beberapa ciri unsur keterangan.

a.       Bukan Unsur Utama

Berbeda dari subjek, predikat, objek, dan pelengkap, keterangan merupakan unsur tambahanyang kehadirannya dalam struktur dasar kebanyakan tidak bersifat wajib.

b.      Tidak Terikat Posisi

Di dalam kalimat, keterangan merupakan unsur kalimat yang memiliki kebebasan tempat.Keterangan dapat menempati posisi di awal atau akhir kalimat, atau di antara subjek dan predikat.

Contoh :

ü  Malam ini, Suju akan kembali ke Korea.

ü  Mereka memperhatikan materi dengan seksama.

ü  Terdapat Beberapa Jenis Keterangan

Keterangan dibedakan berdasarkan perannya di dalam kalimat.

F Keterangan Waktu

Keterangan waktu dapat berupa kata, frasa, atau anak kalimat. Keterangan yang berupa kataadalah kata-kata yang menyatakan waktu, seperti kemarinbesoksekarangkinilusasiang,dan malam. Keterangan waktu yang berupa frasa merupakan untaian kata yang menyatakanwaktu, seperti kemarin pagihari Senin7 Mei, dan minggu depan. Keterangan waktu yangberupa anak kalimat ditandai oleh konjungtor yang menyatakan waktu, seperti setelah, sesudah,sebelum, saat, sesaat, sewaktu, dan ketika.

F Keterangan Tempat

Keterangan tempat berupa frasa yang menyatakan tempat yang ditandai oleh preposisi,seperti di, pada, dan dalam.

F Keterangan Cara

Keterangan cara dapat berupa frasa, atau anak kalimat yang menyatakan cara. Keterangancara yang berupa frasa ditandai oleh kata dengan atau secara yang diikuti verba (kata kerja).Terakhir, keterangan cara yang berupa anak kalimat ditandai oleh kata dengan dan dalam.

F Keterangan Alat

Keterangan cara berupa frasa yang menyatakan cara ditandai oleh kata dengan yang diikutinomina (kata benda).

F Keterangan Sebab

Keterangan sebab berupa frasa atau anak kalimat. Keterangan sebab yang berupa frasaditandai oleh kata karena atau sebab yang diikuti oleh nomina atau frasa nomina. Keterangansebab yang berupa anak kalimat ditandai oleh konjungtor karena atau lantaran.

F Keterangan Tujuan

Sumber :

https://littlehorribles.com/