Definisi Cybercrime adalah
Posted in: Pendidikan

Definisi Cybercrime adalah

Definisi Cybercrime adalah

Definisi Cybercrime adalah
Definisi Cybercrime adalah

Definisi Cybercrime

 

Dilihat dari asal katanya, cybercrime berasal dari dua kata yaitu “cyber” dan “crime”. Kata “cyber” merupakan singkatan dari “cyberspace” merupakan sebuah ruang yang tidak dapat terlihat. Ruang ini tercipta ketika terjadi hubungan komunikasi yang dilakukan untuk menyebarkan suatu informasi, dimana jarak secara fisik tidak lagi menjadi halangan. Sedangkan “crime” berarti kejahatan, menurut B.Simandjuntak kejahatan merupakan “ suatu tindakan anti sosial yang merugikan, tidak pantas, tidak dapat dibiarkan, yang dapat menimbulkan kegoncangan dalam masyarakat”. [1]

Cybercrime adalah tindak kriminal yang dilakukan dengan menggunakan teknologi komputer sebagai alat kejahtan utama. Cybercrime merupakan kejahatan yang memanfaatkan perkembangan teknologi komputer khususnya internet. Cybercrime didefinisikan sebagai perbuatan melanggar hukum yang memeanfaatkan teknologi komputer yang berbasis pada kecanggihan perkembangan teknologi internet.[2]

Dalam perkembangannya kejahatan konvensional cybercrime dikenal dengan :

a.         Kejahatan kerah biru

b.        Kejahatan kerah putih

Cybercrime memiliki karakteristik unik yaitu :

1.         Ruang lingkup kejahatan

2.         Sifat kejahatan

3.         Pelaku kejahatan

4.         Modus kejahatan

5.         Jenis kerugian yang ditimbulkan

 

2.    Kategori Cybercrime

  • Cyberpiracy : Penggunaan teknologi computer untuk mencetak ulang software atau informasi, lalu mendistribusikan informasi atau software tersebut melalui jaringan komputer. Contoh : Mendistribusikan mp3 di internet melalui teknologi peer to peer.
  • Cybertrespass : Penggunaan teknologi computer untuk meningkatkan akses pada system computer suatu organisasi atau individu, website yang di-protect dengan password. Contoh : membuat virus SASSER.
  • Cybervandalism : Penggunaan teknologi computer untuk membuat program yang menganggu proses transmisi informasi elektronik, dan menghancurkan data di computer. Contoh : melakukan serangan DOS(Denial of Service) ke sebuah web.

Sumber : https://belinda-carlisle.com/