Citra Toko
Posted in: Pendidikan

Citra Toko

Citra Toko

Citra Toko
Citra Toko
  1. Pengertian Citra

Kotler (1997: 259) mendefinisikan citra sebagai “persepsi masyarakat terhadap perusahaan atau produknya”. Citra toko menurut Peter dan Olson (1996: 248-249) adalah “sesuatu yang dipikirkan konsumen tentang suatu toko termasuk di dalamnya adalah persepsi dan sikap yang didasarkan pada sensasi dari rangsangan yang berkaitan dengan toko yang diterima melalui kelima indera”.

Dari beberapa definisi di atas dapat dikatakan bahwa citra merupakan seperangkat keyakinan, ide dan kesan yang dimiliki oleh seseorang terhadap suatu objek, sedangkan citra toko dapat dikatakan suatu kesan yang dimiliki konsumen terhadap toko. “Citra toko berkaitan dengan pengaruh ciri-ciri sebuah toko pada afeksi dan kognisi konsumen ketimbang pada bagaimana manajer pemasaran memandang toko tersebut” (Peter dan Olson.1996: 248-249).

  1. Dimensi Citra Toko

Citra toko “biasanya diukur dengan menanyakan konsumen seberapa baik dan seberapa penting berbagai macam aspek dari operasional suatu toko eceran bagi mereka” (Olson dan Peter, 1996: 249). Citra toko diukur dari dimensi-dimensi pada toko yang dianggap penting bagi konsumen yang merupakan aspek operasional toko, seperti yang dikemukakan oleh Engel, dkk (1995: 249) yang meliputi “atribut determinan dalam pilihan toko yang diantaranya meliputi lokasi, kualitas dan keragaman produk yang ditawarkan, harga, iklan dan promosi, atribut fisik, personal penjualan, pelayanan yang diberikan, sifat pelanggan toko, atmosfer toko, pelayanan dan kepuasan sesudah transaksi”. Dimensi citra toko yang biasa dipelajari meliputi atribut determinan toko atau atribut yang mencolok dari sebuah toko. “Determinan keputusan tentang pilihan toko bervariasi menurut pangsa pasar dan menurut kelas produk. Atribut yang mencolok biasanya masuk dalam kategori berikut ini” (Engel, dkk. 1995):

1) Lokasi toko

2) Keragaman produk

3) Harga

4) Pelayanan

Sumber : https://aldirenaldi.blog.institutpendidikan.ac.id/seva-mobil-bekas/