Ciri Utama Seorang Muslim
Posted in: Pendidikan

Ciri Utama Seorang Muslim

Ciri Utama Seorang Muslim

Ciri Utama Seorang Muslim

Ciri utama seorang Muslim adalah melaksanakan Rukun Islam yang terdiri dari 5 yaitu:

  1.  Syahadat

Kalimat “ La Ilaha Illa Allah” diartikan dengan “ Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah”. Atau La Ma’bud bi haqqin Illa Allah” sedangkan “Anna Muhammadan Rosulullah” adalah: Mengakui secara lahir dan batin bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul Allah yang di utus kepada manusia secara keseluruhan, serta mengamalkan konsekuensinya.

Kalimat Syahadat disebut dengan kalimat Nafy dan Isbath, yaitupeniadaan atau penetapan. Kalimat “La Ilaha” adalah “peniadaan keyakinan syirik atau menyembah selain Allah” (surah Al-Baqarah ayat 256). Kalimat “Illa Allah” adalah “ penetapan bahwa tidak ada yang berhak di sembah selain Allah. Syahadat kedua yaitu kalimat “Anna Muhammadan Rasulullah” juga mengandung dua aspek pokok yaitu “Abduhu” (hamba-Nya) dan “Rasuluhu” (rasul-Nya). Beliau adalah makhluk sempurna sebagai hamba yang menafikan ifrath (sifat berlebih-lebihan) pada dirinya. Dan kerasulan Beliau menafikan sifattafrith (meremehkan) dirinya.

Syahadat disebut kalimat Toyyibah karena kebaikan tauhid yang dikandungnya, disebut zikir yang paling afdol sebagai bukti awal status ke-islaman. Siapa yang telah mengucapkan syahadat atas keimanan, dia akan masuk surga. Syekh Muhammad bin Abdul Wahhab Al-Wushoby mengatakan syarat-syarat syahadat sebagai berikut:

  1. Sahalat

Shalat adalah ritual kepada Allah SWT lima kali dalam sehari, yakni waktu subuh, zduhur, Ashar, Maghrib, dan Isya. Shalat adalah pembeda utama antara seorang Muslim dengan non-Muslim.

  1. Puasa bulan Ramadhan.
  2. Membayar zakat.
  3. Menunaikan ibadah haji.

Baca Juga :