Posted in: Pendidikan

Cara Penyebaran Islam dalam Masyarakat

Cara Penyebaran Islam dalam Masyarakat

Islam merupakan suatu agama suci yang lahir di tengah-tengah kegersangan kehidupan moral umat manusia. Agama ini membawa kedamaian bagi para pemeluknya. Jika mereka mau mengamalkan ajaran Islam secara murni dan konsekuen. Pesan yang disampaikan rasulullah kepada umat manusia, khususnya umat Islam bertujuan agar manusia terbebas dari berbagai kesengsaraan kehidupan duniawi dan ukharawi. Mereka dianjurkan untuk selalu berpegang teguh terhadap agama dam keyakinan mereka.
Sejak kelahirannyam agama Islam selalu disebarkan dengan cara-cara damai. Jika terjadi pertempuran, hal itu hanya merupakan upaya pertahanan diri dari berbagai kemungkinan serangan yang akan mengahncurkan Islam itu sendiri, yang datang dari kelompok orang yang tidak senang terhadap agama Islam. Karena kata dasar Islam itu sendiri mempunyai makna kedamaian.
Sepeninggal Rasulullah Saw. Agama Islam terus disebarkan oleh umat Islam, baik melalui cara-cara perkawinan, pendidikan, atau melalui cara perdagangan yang dibawa oleh para saudagar muslim ke berbagai penjuru. Para penguasa muslim juga tidak ketinggalan, mereka membantu para da’I untuk menyebarkan agaa Islam ke segenap lapisan masyarakat, dengan tanpa paksaan.
Ketika kekuasaan umat Islam telah menyebar keberbagai belahan dunia, banyak masyarakat setempat yang dengan suka rela memeluk agama Islam. Karena mereka mengetahui, bahwa didalam ajaran agama ini tidak ditemukan adanya perbedaan kelas sosial ekonomi, lantaran mereka orang miskin. Semua memiliki hak yang sama, tidak ada perbedaan antara umat manusia, yang ada hanyalah perbedaan tingkat ketaqwaan kepada Allah SWT.
Saat agama Islam menyebar ke India, kemudian kedaerah sekitarnya, seperti Gujarat, yang terus menyebar ke Indonesia dan Malaka, Johor, kemudian ke Thailand, Philipina, Jepang, Korea, Cina dan wilayah Asia lainnya, dilakukan secara damai, tidak dengan paksaan apalagi dengan cara-cara kekerasan.
Penyebaran tersebut sebagian besar dilakukan oleh para saudagar muslim, yang menjajakan barang dagangan mereka kenegeri tersebut sambil menyebarkan dan mengembangkan agama Islam. Apabila mereka singgah disuatu tempat atau negeri, para saudagar disamping menjajakan barang dagangan, mereka juga tidak lupa menyebarkan misi Islam kepada masyarakat dan para penguasa setempat. Disamping itu, karena kebanyakan para saudagar tersebut tidak banyak yang membawa istri, banyak diantara mereka yang mengawini wanita-wanita setempat. Dari hasil perkawinan itu, menghasilkan kelompok masyarakat muslim baru, yang kemudian turut andil dalam menyebarkan dakwah Islam. Selain itu, sikap toleransi juga merupakan cara dakwah yang baik.
Dengan cara-cara seperti itulah, agama Islam yang tersebar dinegeri-negeri, seperti Indonesia, sampai sekarang tetap diakui keberadaannya sebagai agama resmi negara, dan mayoritas penduduk Indonesia adalah masyarakat muslim.

Sumber :

https://fgth.uk/