Cara Mengetahui Waktu Memancing yang Baik
Posted in: Perikanan

Cara Mengetahui Waktu Memancing yang Baik

Cara Mengetahui Waktu Memancing yang Baik

Cara Mengetahui Waktu Memancing yang Baik
Cara Mengetahui Waktu Memancing yang Baik

Bagaimana cara mengetahui waktu memancing yang baik? Bagi para penghobinya, memancing merupakan kegiatan yang paling mengasyikkan. Kita mampu berlibur sambil bersendau gurau, sembari menangkap ikan-ikan sebagai bonusnya. Cuma kendala dalam menentukan waktu yang sempurna untuk memancing adakala membuat sebagian orang sungkan untuk mengulanginya kembali di lain waktu. Ada beberapa faktor yang mampu dijadikan pegangan dalam menentukan waktu mancing yang paling ideal, antara lain :

Faktor Matahari dan Bulan

Percayakah Anda, tingkah laku ikan-ikan juga mengikuti keadaan terhadap kondisi matahari dan bulan. Beruntung di zaman yang serba canggih ini, kita mampu memantau keadaan terbaru matahari dan bulan dengan mudah. Caranya yaitu menggunakan alat bantu serta mengecek di website-website perihal astronomi, terutama mengenai kalender solunar. Setidaknya terdapat tiga aspek yang perlu diperhatikan dalam membaca kondisi matahari dan bulan yaitu :

Periode Mayor dan Minor

ikan hiu megalodon – Periode mayor yakni periode ketika posisi bulan berada sempurna di atas kepala. Biasanya periode ini terjadi dalam waktu 2 jam terhitung ketika posisi bulan sempurna berada di atas kepala atau bayangannya sempurna di bawah kaki. Sedangkan periode minor ialah periode ketika posisi bulan terletak di kaki. Periode ini berlangsung selama 1 jam dimulai ketika bulan terbit ataupun terbenam.

Matahari Terbit dan Terbenam

Faktanya acara para binatang akan meningkat selama terjadinya momen matahari terbit dan terbenam, termasuk perilaku ikan-ikan. Cukup banyak para pakar yang berpendapat kalau masa ideal untuk memancing pada ketika sunrise dan sunset berkisar antara 45 menit. Bahkan jikalau waktu matahari terbit dan terbenam ini bertepatan dengan periode mayor dan minor, maka sudah dapat dipastikan ikan-ikan akan keluar dari sarangnya untuk mencari mangsa dalam waktu yang lebih lama.

Fase Bulan

Waktu lain yang juga menjadi kesempatan bagi para ikan untuk beraktivitas dengan intensitas yang lebih tinggi yaitu pada ketika terjadinya bulan purnama dan bulan baru. Pada waktu-waktu tersebut, tingkah laku ikan menjadi lebih rakus dalam melahap mangsa yang ada di depannya. Kaprikornus inilah kesempatan yang paling sempurna bagi Anda untuk memancing di tengah lautan.