belutut eror
Posted in: Teknologi, Umum

Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Bisa Terhubung

Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Bisa Terhubung

belutut eror

Apa itu BluetoothBluetooth adalah perangkat teknologi Wireless tanpa kabel yang dapat kamu gunakan untuk mengirim file, baik itu file gambar, file audio maupun file video. Agar dapat mengirim file melalui bluetooth maka diharuskan untuk mengaktifkan bluetooth pada masing-masing perangkat. Jika Bluetooth sudah terdeteksi maka kamu lansung dapat mengirim file pada perangkat tujuan. Pengiriman file melalui Bluetooth tidak diperlukan kabel data, kamu juga tidak perlu menyediakan kuota internet apabila ingin mengirim file melalui Bluetooth.
Terkadang ada saja kendala yang ditemukan pada saat mengirim file melalui bluetooth, salah satu masalah saat mengirim file melalui bluetooth adalah perangkat bluetooth tujuan tidak ditemukan, artinya bluetooth tidak terdeteksi. Jika ada salah satu perangkat bluetooth yang tidak terdeteksi maka pengiriman file tidak bisa dilakukan.

Kenapa Bluetooth tidak bisa terhubung

Bluetooth yang tidak bisa mendeteksi perangkat lain tentunya ada masalah yang terjadi pada system perangkat yang digunakan, entah itu masalahnya pada perangkat pengirim ataupun pada perangkat penerima, yang pastinya ketika bluetooth tidak bisa terhubung kamu tidak akan bisa mengirim atau menerima file.
Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara mengatasi bluetooth yang tidak bisa terhubung. Ikuti langkah-langkah mengatasi bluetooth tidak bisa terhubung,semoga dapat membantu mengatasi masalah saat menghubungkan bluetooth.

Cara mengatasi Bluetooth tidak bisa terhubung

1.Pastikan koneksi Bluetooth berjalan normal

Apabila kamu telah mengaktifkan bluetooth pada masing-masing perangkat, namun perangkat tujuan tidak terdeteksi oleh perangkat lain. Solusinya coba nonaktifkan kembali bluetooth selama lebih kurang 5 menit, kemudian aktifkan kembali bluetooth pada msing-masing perangkat. apabila masih tidak terdeteksi bluetooth, kemungkinan besar pada salah satu perangkat ada bluetooth yang rusak atau error sehingga tidak ditemukan perangkat bluetooth.
Kamu juga bisa menggunakan perangkat lain untuk uji coba, Misal nya kamu menghubungkan perangkat A dengan perangkat B, lalu perangkat tidak ditemukan. Solusinya coba kamu gunakan bluetooth perangkat C (jika ada) Apabila bluetooth perangkat A dengan perangkat bluetooth C dapat terhubung, maka bluetooth perangkat B mengalami masalah atau kerusakan pada system bluetooth.

2.Restart ulang perangkat jika bluetooth tidak ditemukan

Cara mengatasi perangkat bluetooth yang tidak ditemukan dengan cara restart ulang perangkat, setelah perangkat hidup. Silahkan coba ulang aktifkan bluetooth dan segera cari perangkat bluetooth tujuan. Merestart perangkat dapat membantu mengatasi masalah pada system perangkat, sehingga system akan kembali fresh.

3. Hapus semua perangkat yang terhubung dengan bluetooth

Apabila kamu telah coba lakukan langkah-langkah diatas untuk mengatasi perangkat bluetooth tidak ditemukan,namun masih berlum berhasil. Kamu coba gunakan langkah berikut ini yaitu dengan cara menghapus semua daftar perangkat bluetooth yang tersambung sebelumnya.

Cara hapus daftar bluetooth yang telah terhubung

  • Buka menu pengaturan ponsel kamu
  • lalu pilih “Bluetooth”
  • Pada saat posisi “bluetooth aktif” kamu akan melihat daftar perangkat yang terdaftar/terhubung sebelumnya
  • Pilih icon pengaturan pada sebelah kanan perangkat bluetooth yang berfungsi untuk menghapus bluetooth atau memutuskan bluetooth dengan perangkat
  • Silahkan hapus perangkat bluetooth yang sekiranya tidak diperlukan
Lalu coba cari kembali bluetooth tujuan yang akan kamu pasangkan dengan bluetooth perangkat kamu.Jangan lupa untuk membersihkan cache dan bluetooth.