Posted in: Pendidikan

Cara Mendeteksi Penipuan Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur

Cara Mendeteksi Penipuan Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur

Banyak firma memanfaatkan Six Sigma Report dalam mendeteksi penipuan pada saat penyusuan laporan keuangan perusahaan manufaktur untuk meningkatkan kinerja dengan mengidentifikasi bidang utama yang berfokus pada pada peningkatan. Six Sigma didasarkan pada keyakinan bahwa perusahaan memiliki sumber daya yang terbatas, karena itu, harus memusatkan sumber daya di daerah dengan dampak yang paling bisa di antisipasi. Untuk mengetahui daerah yang paling potensial untuk perbaikan, analisis statistik digunakan. Perusahaan manufaktur bertujuan untuk mengurangi kesalahan dan meningkatkan keuntungan menggunakan Six Sigma Report untuk mengukur kemajuan. Manajer dengan keahlian Six Sigma Report dikategorikan sebagai manajer ber’sabuk hitam’ yang mampu menghasilkan laporan untuk mendorong perbaikan dari pengambilan keputusan.

mencari harga pokok produksi

Laporan yang disajikan dalam akuntansi biaya juga dapat digunakan sebagai alat untuk membandingkan hasil yang dicapai dengan standard dari budget yang dibuat sebelumnya. Hal ini dapat berhasil apabila pengawasan terhadap biaya dilakukan dengan perencanaan biaya yang tepat dalam setiap kegiatan, sehingga kegagalan-kegagalan atau kurang efisiennya suatu pekerjaan dapat dihindari

Menurut Mulyadi:

Akuntansi biaya merupakan proses pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penyajian biaya pembuatan dan penjualan produk atau jasa, dengan cara tertentu, serta penafsiran terhadapnya (Mulyadi, 2002 : 6).

Pendapat mengenai akuntansi biaya menurut Supriyono,adalah

Alat manajemen dalam memonitor dan merekam transaksi biaya secara sistematis, serta menyajikan informasi biaya dalam bentuk laporan biaya (Supriyono, 1999 : 12).

Menurut Abdul Halim, Akuntansi Biaya adalah

Akuntansi yang membicarakan tentang penentuan harga pokok (cost) dari “ sesuatu produk “ yang diproduksi (atau dijual di pasar) baik untuk memenuhi pesanan dari pemesan maupun untuk menjadi persediaan barang dagangan yang akan dijual (Halim, 1996 : 3)

Berdasarkan definisi–definisi di atas, maka penulis menarik kesimpulan bahwa akuntansi biaya sangat penting artinya bagi manajemen dalam mengelola perusahaan yang mereka pimpin, sebab akuntansi biaya merupakan alat untuk pengawasan dan bila mungkin menekan biaya produksi yang bertujuan untuk menentukan harga pokok produksi barang/jasa secara teliti dalam suatu periode tertentu.

Beberapa tujuan lain dari akuntansi biaya, adalah :

  1. Pengendalian biaya, akuntansi biaya menyajikan informasi biaya yang diperkirakan akan terjadi dengan biaya yang sesungguhnya terjadi dan kemudian menyajikan analisis terhadap penyimpangannya.
  2. Pengambilan keputusan khusus, akuntansi biaya menyajikan biaya yang relevan dengan keputusan yang akan di ambil dan biaya yang relevan ini selalu berhubungan dengan biaya masa yang akan datang (Mulyadi, 2002 : 24).

sumber :

https://www.ayoksinau.com/seva-mobil-bekas/