Cara Memancing Kepiting dan Rajungan

Cara Memancing Kepiting dan Rajungan

Cara Memancing Kepiting dan Rajungan

Cara Memancing Kepiting dan Rajungan
Cara Memancing Kepiting dan Rajungan

Bagaimana cara memancing kepiting dan rajungan? Bagi Anda yang merupakan seorang penggemar seafood pasti sudah tahu jika kepiting dan rajungan sama-sama memiliki daging yang lezat. Keduanya mampu diolah dengan cara dibakar, digoreng, dibuat sup, atau pun dimasak menggunakan rempah-rempah. Sayangnya, harganya yang mahal membuat kita tidak mampu menikmati kedua binatang krustasea ini terus-menerus.

Solusi yang paling murah untuk menikmati kepiting dan rajungan sepuasnya tentu saja dengan menangkapnya sendiri. Tidak terlalu sulit kok untuk memancing keduanya. Bahkan sifatnya yang rakus membuat kedua binatang air ini cukup mudah ditangkap. Khusus bagi Anda yang ingin memancing kepiting atau rajungan, salah satu triknya ialah Anda harus mengangkat joran dengan hati-hati agar mulutnya yang rapuh tidak terkoyak.

Bagaimana cara memancing kepiting dan rajungan Simak Cara Memancing Kepiting dan Rajungan Biar makin gampang dalam memancing kepiting maupun rajungan, ikuti saran-saran dari kami sebagai berikut :

Waktu

Waktu memancing kepiting yang terbaik yakni pada ketika kondisi sungai sedang banjir. Pada umumnya, kepiting akan bergerak aktif ketika banjir alasannya yakni mereka terpengaruhi mencari makanan yang banyak dihanyutkan oleh air. Bahkan tidak jarang ada pula kepiting yang naik ke daratan. Makara disarankan untuk memancing kepiting pada waktu hujan sudah reda, mulai dari subuh sampai menjelang matahari terbit.

Lokasi

ikan cupang aduan – Kepiting-kepiting yang berukuran jumbo banyak ditemukan di kawasan hutan bakau, sekitar pintu air pada bendungan, dan lingkungan pertambakan. Semakin jernih kondisi air di dalamnya, biasanya semakin banyak pula kepiting-kepiting yang berada di lokasi tersebut. Sebaliknya hindari sungai-sungai yang kondisi airnya tengah surut, terlihat kotor, dan banyak mengandung sampah nonorganik

Umpan

Baik kepiting maupun rajungan dikenal sama-sama mempunyai sifat makan yang cukup rakus. Anda mampu menggunakan aneka macam jenis umpan menyerupai yang umum dipakai memancing ikan air tawar. Misalnya menyerupai penggalan ikan, udang kupas, dan katak. Namun umpan yang paling ampuh untuk mancing kepiting ialah penggalan belut. Sebagai alternatif alasannya yakni harga belut yang mahal, Anda juga mampu memanfaatkan penggalan daging ular sebagai umpan kepiting dan rajungan.

Alat

Alat yang dapat digunakan untuk memancing kepiting berupa joran bambu yang panjangnya sekitar 1,5-2 m. Kemudian pada joran tersebut dipasangi tali senar/line yang berukuran dua kali panjang joran. Memancing rajungan atau kepiting tidak memerlukan kail. Sebagai gantinya Anda mampu memakai sebatang bilah bambu atau kawat jeruji sepanjang satu jengkal tangan serta kulit kerang sebagai stoper. Berikutnya pasang umpan di bilah bambu/kawat tersebut.

Teknik

Sederhana saja untuk memancing kepiting/rajungan ini. Masukkan tali pancing di sepot yang diprediksi menjadi tempat persembunyian kepiting dan rajungan. Pastikan umpan karam di dasar air. Tanda bahwa umpan Anda dimakan oleh kepiting ialah tali senar yang tadinya kendur akan menegang. Jangan pribadi mengangkat joran dengan gerakan yang cepat alasannya yakni pasti bakal merusak lisan kepiting. Anda harus pelan-pelan menarik line tersebut. Kemudian setelah kepitingnya sudah kelihatan, silakan gunakan jaring serok untuk menangkap kepiting tadi.