Cara Cepat Menjadi Pintar
Posted in: Pendidikan

Cara Cepat Menjadi Pintar

Cara Cepat Menjadi Pintar

Cara Cepat Menjadi Pintar
Cara Cepat Menjadi Pintar

Menjadi pintar adalah dambaan dan keinginan setiap insan yang berakal (Manusia), sehingga tidak jarang pelakunya melakukan segala cara agar keinginan tersebut tercapai.

Memang banyak hal yang menyebabkan hal tersebut dilakukan seperti; agar masa depan lebih baik, peluang mendapatkan kerja lebih besar, bisa kaya, bisa memperoleh jabatan yang tinggi dan sebagainya.

Namun tahukah kamu cara-cara apa saja yang bisa dilakukan agar bisa cepat menjadi orang yang pintar bahkan 8 kali lebih cepat.

Berikut cara-cara yang bisa dilakukan:

  1. Nothing’s really beyond your reach

Tidak ada sesuatu yang betul-betul diluar jangkauan Anda, artinya jika Anda sungguh-sungguh mendedikasikan tenaga, waktu, dan pikiran Anda untuk mempelajari sesuatu maka Anda bisa memahaminya.

  1. Tidak ada yang namanya orang pintar/jenius, yang ada hanya orang yang rajin belajar dan bekerja keras

Apa sih sebenarnya orang pintar itu? Jika ditilik lebih jauh sebenarnya orang pintar itu hanyalah orang yang sudah “tahu duluan”, mereka lebih dulu paham dan mengerti sebelum orang lain memahaminya, jadi masalah perbedaan kepintaran sebenarnya hanyalah masalah waktu. Saya sudah tahu dan Anda belum, sesimpel itu.

Apa yang sering Anda lihat sebagai orang jenius hanyalah orang yang rajin belajar dan memulai sedini mungkin, sehingga terlihat seperti mereka ada di level yang berbeda, padahal kalau kita juga habiskan effort (waktu dan tenaga) yang sama maka kita juga bisa menjadi seperti mereka.

  1. Percaya atau tidak, semua ilmu yang Anda butuhkan sudah tersedia jika Anda juga bersedia mencarinya

Hanya karena Anda tidak menemukannya bukan berarti Anda tidak akan pernah tahu. Banyak orang yang membatasi ilmunya karena masalah keadaan, pendidikan, modal, lingkungan, dan semacamnya.

“Ah mana mungkin bisa, saya cuma lulusan SMP”

“Gimana bisa kalau saya ga ada modal buat kuliah”

“Saya ga tau karena ga ada yang ngajarin saya”

Percaya atau tidak semua ilmu yang Anda perlukan bisa Anda cari melalui internet, teman, buku, dan sumber-sumber lain yang tidak terduga.

“A wise man can learn more from a foolish question than a fool can learn from a wise answer.”

Pada akhirnya orang bisa pintar karena mau belajar dari apapun yang sudah ada, sedangkan orang bodoh dengan resource sebaik apapun tidak akan pernah mempelajari apa-apa.

  1. Kosongkan gelas Anda

Diluar sana selalu ada orang yang lebih pintar dari Anda, mengetahui apa yang tidak Anda ketahui, karena itu mindset “I know nothing” sangatlah penting untuk menerima fakta bahwa kita bisa belajar dari siapapun.

Setiap bertemu orang baru, kosongkanlah gelas Anda, Anda akan terkejut betapa banyaknya hal-hal yang bisa kita pelajari dari orang lain.

Setelah memahami 4 mindset sederhana diatas, sekarang saatnya melipatgandakan kepintaran Anda.

Pertanyaannya bagaimana bisa menjadi lebih cepat pintar dari orang lain?

Caranya adalah dengan mempercepat proses belajar Anda. Tidak ada kata terlambat untuk Anda yang sekarang baru ingin belajar karena usia bukanlah batasan untuk seseorang menjadi pintar.

Sumber: https://fungsi.co.id/