Cara Budidaya Ikan Gurame Kolam Tanah Supaya Cepat Besar
Posted in: Perikanan

Cara Budidaya Ikan Gurame Kolam Tanah Supaya Cepat Besar

Cara Budidaya Ikan Gurame Kolam Tanah Supaya Cepat Besar

Cara Budidaya Ikan Gurame Kolam Tanah Supaya Cepat Besar
Cara Budidaya Ikan Gurame Kolam Tanah Supaya Cepat Besar
Ikan gurame adalah satu diantara ikan yang cukup punya potensi besar untuk dibudidayakan. Gurame sendiri pasti amat disenangi banyak orang-orang terlebih di Indonesia khususnya ,lantaran dagingnya yang enak dan tidak tipis. Pembudidayaan ikan gurame yang condong lama ini pasti bikin ikan gurame jadi mahal di pasaran serta jadi makanan khas yang dimaksud elit untuk kelompok ikan khususnya untuk gurame memiliki ukuran besar. Tetapi , membudidayakan ikan gurame kolam tanah kenyataannya ada cara mempercepat perkembangan gurame. Dalam artikel ini , kita bakal mengulas perihal cara budidaya ikan gurame kolam tanah agar cepat besar dan pasti bakal mempermudah Anda dalam lakukan pembudidayaan ikan gurame.

Panduan Agar Gurame Cepat Besar

Area Pembutan Kolam Budidaya

Dalam budidaya ikan gurame agar cepat besar yang butuh Anda cermati untuk pertama kalinya yaitu tempat yang pas dalam pembuatan kolam. Kolam untuk ikan gurame yang baik yaitu yang mempunyai cahaya matahari langsung yang cukup. Ikan gurame sendiri mempunyai habitat aslinya ditempat dataran rendah dan mempunyai suhu untuk pengoptimal pertumbuhannya seputar 25 derajat sampai 28 derajat celsius. Inilah kenapa mengembangbiakkan ikan gurame bakal tambah baik bila dikerjakan di dataran rendah dan kurang pas di dataran tinggi. Ikan gurame sendiri cuma dapat berkembang dengan cara baik di ketinggian optimal 800 mdpl.

Ukuran Benih Baik Dan Sehat

budidaya ikan discus – Mengenai benih yang baik untuk pembudidayaan ikan gurame kolam tanah yaitu benih yang sehat dengan berat kira-kira 100 gr atau kurang lebih berusia kian lebih satu tahun. Dengan hal tersebut , Anda bakal lebih cepat memanen ikan gurame yang pada intinya bakal siap jual pada kisaran berat seputar 500 gr. Cara budidaya ikan gurame agar cepat besar pasti di dukung dengan benih yang baik. Benih ikan gurame bakal tambah baik bila diperoleh dari tempat pembudidayaan ikan gurame lain yg tidak terlampau jauh , hingga ikan gurame tak perlu lebih keras dalam menyesuaikan.

Pakan dan Pemberian Protein Nabati

Pakan ikan gurame yang baik sesungguhnya yaitu pakan yang memiliki kandungan unsur baik protein hewani atau protein nabati. Hingga , Anda sangatlah direferensikan bila memberi ikan gurame budi daya Anda dengan kombinasi ke-2 bahan makanan itu. Kandungan protein hewani sendiri adalah satu diantara aspek pemercepat perkembangan ikan gurame yang sesuai sama lewat cara budidaya ikan gurame agar cepat besar dalam artikel ini. Pakan hewani sekurang-kurangnya diberikan kira-kira 25% atau diatasnya. Sedang untuk protein nabati bisa Anda berikanlah pada ikan gurame dengan memberi makanan seperti daun talas , daun singkong , daun kangkung ,dan selada air. Agar lebih cepat lagi , berikanlah juga enzim komplek kurang lebih sejumlah 2% dari pakan pabrik.

Pengeringan kolam Agar Terlepas Dari Penyakit

Agar gurame Anda terproteksi dari penyakit-penyakit seperti jamur dan lain sebagainya , sebaiknya saat sebelum Anda mengawali penebaran benih. Kerjakan pengeringan kolam sepanjang 10 sampai 14 hari dan berilah kapur untuk pertanian sejumlah 100 hingga 200 gr per mtr. persegi. Peralatan pembudidayaan ikan gurame juga baiknya di rendam larutan kaporit lantas dikeringkan. Jika Anda temukan ikan gurame yang diserang jamur , selekasnya pisahkan dan di rendam dalam larutan garam dapur seputar 20 mg per liter sepanjang sejam. Mudah-mudahan artikel cara budidaya ikan gurame kolam tanah agar cepat besar dan siap jual ini bisa menolong Anda.