Bagian-Bagian Pankreas dan Penyakit Pada Pankreas
Posted in: Pendidikan

Bagian-Bagian Pankreas dan Penyakit Pada Pankreas

Bagian-Bagian Pankreas dan Penyakit Pada Pankreas

Bagian-Bagian Pankreas dan Penyakit Pada Pankreas
Bagian-Bagian Pankreas dan Penyakit Pada Pankreas

 

Adapun struktur bab utama pada pankreas yaitu:

Kepala Pankreas

Kepala pankreas yaitu bab yang terlihat melekat pada usus halus, bab ini merupakan bab terluas dari pankreas.

Leher Pankreas

Leher pankreas yaitu bab pankreas yang berukuran panjang sekitar 2,5 cm dan terletak diantara kepala serta tubuh pankreas.

Badan Pankreas

Badan pankreas yaitu bab yang berada diantara leher serta ekor pankreas, bab ini merupakan bab terpenting pada pankreas.

Ekor Pankreas

Ekor pankreas yaitu bab meruncing yang terdapat pada perut kiri. Bagian ini merupakan bab terakhir dari tubuh pankreas.

Saluran Pankreas

Saluran pankreas (Duktus Pankreatikus) ini menyatu dengan duktus koledukus (saluran empedu) dan bermuara di usus 12 jari (duodenum). Saluran pankreas ini mengeluarkan sejumlah enzim dari pankreas dalam membantu sistem pencernaan.

Penyakit Pada Pankreas

Pankreatitis

Pankreatitis yaitu penyakit pada pankreas yang ditandai dengan peradangan pankreas akut dan kronis. Peradangan tersebut sanggup terjadi kalau akses utama pankreas tersumbat oleh kerikil empedu atau tumor.

Kanker pankreas

Kanker pankreas seringkali dikaitkan dengan kebiasaan merokok dan minim minuman keras, selain itu faktor risilo lain yang sanggup menyebabkan kanker pankreas ini yaitu diabetes, pankreatitis kronis, duduk perkara hati dan juga benjol perut.

Gejala kanker pankreas ini tidak muncul sampai tahap kanker stadium lanjut, sehingga seringkali penderita terlambat mengobatinya. Kondisi penderita kanker pankreas, diantaranya seperti:

Nyeri pada perut bab atas alasannya yaitu tumor yang menekan saraf.
Ikterus atau penyakit kuning, yaitu menguningnya kulit dan mata tanpa rasa sakit dan air urine berwarna gelap. Kehilangan nafsu makan, mual dan muntah. Penurunan berat tubuh yang signifikan dan tubuh terasa sangat lemas.
Tinja acholic yaitu dimana tinja mempunyai warna ibarat tanah liat dan steatorrhea atau kelebihan lemak dalam tinja.

Demikianlah klarifikasi artikel wacana  Penyakit Pada Pankreas Terlengkap. Semoga sanggup bermanfaat. Dan semoga dapat menambah wawasan mengenai pankreas, terutama bagi yang membutuhkan dan bisa dijadikan sebagai refrensi ataupun acuan bagi kalian semua. Terimakasih


Baca Juga: