Asal Usul Komputer
Posted in: Teknologi

Asal Usul Komputer

Asal Usul Kompter

Asal Usul Komputer
Asal Usul Komputer

Komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare yang artinya menghitung. Di Negara kita lebih dikenal dengan komputer. Komputer bisa diartikan sebagai sebuha mesin elektronik yang dapat mengerjakan berbagai macam hal seperti berhitung, menulis, menggambar, dan juga memecahkan persoalan dengan cara memasukan data untuk diolah menjadi informasi yang berguna. Peranannya dalam kehidupan sehari-hari sangatlah besar, yaitu membantu menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang berat atau ringan, sehingga pekerjaan bisa cepat diselesaikan dengan hasil yang memuaskan.
Sejarah lahirnya komputer diawali dengan adanya penemuan alat hitung tradisional yang bernama abacus atau sempoa. Abacus terbuat dari biji-bijian yang disusun berjajar dan dapat digeser-geser. Alat ini ditemukan di Cina pada 3000 tahun yang lalu.

Pascaline (Kalkulator Roda Numerik)

Pada tahun 1642 Blaise Pascal berhasil membuat Pascaline atau kalkulator roda numerik. Alat ini besarnya seperti kotak sepatu yang menggunakan roda-roda bergerigi dan harus diputar jika hendak melakukan penambahan dan pengurangan. Alat ini tidak bisa melakukan perkalian dan pembagian.
Kemudian pada tahun 1671 seorang ahli matematika dari Jerman yang bernama Leibniz menyempurnakan alat temuan Pascal sehingga bisa melakukan proses perkalian dan pembagian dengan menggunakan roda-roda bergerigi khusus untuk perkalian dan pembagian.

Difference Engine

Pada tahun 1821 seorang ahli matematika bernama Charless Babbage dari Inggris membuat alat hitung yang mampu berhitung hingga ketepatan 20 angka, alat itu diberi nama Difference Engine. Inilah cikal bakal dari komputer dan kalkulator otomatis, karena penemuannya ini Charless Babbage disebut sebagai bapak Komputer.

Attanasoft Berry Computer (ABC)

Komputer elektronik yang pertama bernama Attanasoft Berry Computerr (ABC) berhasil dibuat oleh Dr. John Attanasoft dan Clifford Berry. Alat ini dibuat pada tahun 1973, dan pada alat ini semuanya sudah mengggunakan komponen elektronik tabung hampa.

Lebih dari sekadar dapat bekerja, ABC pun ternyata lebih unggul dari mesin hitung lain yang ada saat itu. Ini dibuktikannya dengan mampu menyelesaikan 29 persamaan linear secara bersamaan. Dibutuhkan waktu yang lebih singkat untuk mendapatkan penyelesaiannya dari ABC dibanding mesin hitung lain.

Namun, bila dibandingkan komputer modern saat ini, ABC sangatlah “primitif”. Ia tak dilengkapi dengan CPU (central processing unit). ABC hanya menggunakan tabung hampa (vacuum tube) untuk mempercepat proses kalkulasi. Salah satu hal dari ABC yang tetap diterapkan pada komputer modern adalah pemisahan memori dari bagian komputasi. Ini seperti halnya memori DRAM sekarang.

Sumber: gameboxx.me