ANALISA SWOT

ANALISA SWOT

ANALISA SWOT

 ANALISA SWOT
ANALISA SWOT

 

Fakta di lingkungan sekolah mengenai penggunaan bahan ajar berbasis ICT adalah sebagai berikut :

–         Strength – kekuatan

–         Ribuan guru dan tenaga kependidikan telah mampu mengoperasikan komputer, dengan berlatih sendiri maupun melalui pelatihan yang diselenggarakan suatu lembaga/instansi

–         Banyak guru telah mampu membuat bahan ajar presentasi dan interaktif

–         Siswa telah mahir menggunakan komputer

–         Sekolah telah memiliki laboratorium komputer

–         Pimpinan sekolah menginginkan hadirnya e-learning di sekolahnya

–         Pemerintah dan dunia industri mendorong pemanfaatan ICT untuk pendidikan

 

–         Weaknesses – kelemahan

–         Baru sedikit guru yang menggunakan ICT sebagai alat bantu dan media mengajar

–         Hanya sedikit guru yang tahu cara menggunakan dan menyajikan alat bantu ICT dalam kegiatan belajar-mengajar

–         Siswa tidak disediakan dan tidak ditunjukkan dimana bahan ajar yang harus menjadi acuannya

–         Laboratorium komputer hanya menjadi sarana belajar menggunakan komputer, bukan sebagai tempat belajar mata pelajaran lain

–         Pimpinan sekolah tidak paham bagaimana ICT dapat dimanfaatkan untuk e-learning di sekolahnya

–         Pemerintah dan dunia industri tidak focus dalam usaha pemanfaatan ICT untuk pendidikan

–         Pemerintah dan kalangan pengusaha tidak melakukan kerja sama dalam menyediakan infra struktur akses internet secara merata dan memadai

–         Opportunity – Peluang/Kesempatan

–         Banyak tersedia bahan di internet yang dapat didownload untuk di adopsi dan diadaptasi sehingga dapat disajikan sebagai bahan belajar di sekolah

–         Siswa memiliki sarana untuk belajar menggunakan e-learning (flash disk, MP3/MP4 player, VCD/DVD Player dan komputer)

–         Laborarorium sekolah telah memiliki koneksi jaringan lokal (LAN) yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan belajar-mengajar berbasis web

–         Pimpinan sekolah telah mengalokasikan anggaran untuk pengembangan ICT di sekolahnya

–         Pemerintah melalui instansi terkait secara besar-besaran melakukan pelatihan untuk kalangan pendidikan dalam menggunakan ICT

 

–         Threats – Ancaman

–         Guru yang memiliki pengetahuan di bidang ICT menjadi putus asa karena minimnya sarana dan prasarana

–         Siswa menggunakan komputer hanya sebagai sarana bermain bukan sebagai alat belajar

–         Investasi pembuatan jaringan (LAN) di sekolah tidak berfungsi optimal

–         Pimpinan sekolah merasa gagal, karena e-learning yang diharapkannya tidak mampu berjalan dengan tidak tersedianya bahan ajar untuk guru dan siswa

Sumber : https://galleta.co.id/