ANALISA EKONOMI MIKRO TEORI HARGA
Posted in: Pendidikan

ANALISA EKONOMI MIKRO TEORI HARGA

ANALISA EKONOMI MIKRO TEORI HARGA

ANALISA EKONOMI MIKRO TEORI HARGA

1. TERBENTUKNYA HARGA

Harga dipengaruhi oleh permintaan pasar dan dari penawaran yang sedang terjadi. Maka untuk menyikapi hal ini perlulah menggunakan perhitungan yang matang, dari sebuah alat ukur yang bersumber dari ilmu ekonomi. Ekonomi mikro juga mengatur agar harga yang ada pada sebuah bisnis ataupun usaha ini, bisa diterima dan dibutuhkan oleh para konsumen.

Melihat beberapa bisnis yang telah gagal, dikarenakan memang tidak mau mengikuti kondisi dari para pembeli itu sendiri. ketika seorang pelaku bisnis mau mencoba masuk dan memahami keinginan dari para pembeli, niscaya ketika produk ataupun jasa yang dimiliki ini launching pastilah akan bisa langsung masuk dan menyasar kepada kebutuhan para konsumen.

Dan salah satu cara paling tepat ketika menginginkan hal ini, bisa dilakukan dengan mengetahui data akan kebutuhan dan kebiasan dari konsumen sekitar, perihal produk ataupun jasa yang kita miliki.

2. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI

Ilmu ekonomi mikro sangat detail ketika membahas perihal tentang harga yang akan dicantumkan pada sebuah bisnis. Ketika mata memandang pastilah akan tertuju kepada harga yang ditawarkan. Ketika dari seorang penjual tersebut mampu memberikan penawaran yang menarik, maka pastilah akan memberikan kesan berbeda kepada para pembeli.

Analisa ini berlaku untuk jenis usaha apapun itu. Dan cara untuk memahami dan mengetahui tentang perhitungan harga ini dengan memahami dan mempelajari tentang ilmu ekonomi mikro. Sangatlah berbeda menghitung antara bisnis mikro dan bisnis makro. Maka dari itu, ketika telah memahami dengan sepenuhnya perihal faktor penentuan harga ini janganlah sampai mempengaruhi tingkat pembelian dari konsumen.

3. HUBUNGAN HARGA DENGAN KEADAAN YANG TERJADI

Ekonomi mikro senantiasa memiliki perhitungan tersendiri, sehingga dalam penentuan harga tidak sekadar keuntungan semata. Namun juga menyasar terhadap pangsa pasar agar semakin melebar, sehingga dampaknya akan baik kepada perkembangan dari bisnis yang sedang dijalankan.

Hal ini bisa terjadi dikarenakan nama dan kepercayaan yang akan diberikan dari para konsumen, akan menjadi kunci terselenggaranya sebuah bisnis yang diminati oleh konsumen dan menjadi kebutuhan dari konsumen. Elastisitas konsep seperti inilah yang harus dimunculkan oleh para pelaku bisnis ekonomi mikro.

4. BENTUK PASAR PERDAGANGAN

Memahami dan mengetahui akan pasar yang sedang disasar, juga harus menjadi pertimbangan bagi para pelaku bisnis ekonomi. Ketika tidak mampu mengikuti alur perdagangan pastilah akan menyulitkan bagi para pelaku bisnis. Ekonomi mikro memang lingkup nya tidak selebar dengan ekonomi makro, namun justru lebih detail dikarenakan berkaitan tentang dampak dan efek yang akan terjadi kepada bisnis yang ada.

Jadi pengelolaan usaha baik itu mikro maupun makro, memang harus melewati yang namanya perancangan dan perencanaan yang matang pada saat akan menyasar kepada konsumen yang akan dituju. Sehingga sangatlah mungkin jika telah memiliki sasaran dan mengetahui akan persaingan perdagangan, maka akan mampu menguasai pasar yang ada.

5. KONSEP HARGA

Konsep harga ditentukan kepada kebutuhan akan para konsumen dan keinginan dari para konsumen. Ketika para pelaku bisnis tidak memperhitungkan hal seperti ini, maka akan sulit mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan. Namun ketika seorang pelaku bisnis dapat dengan maksimal menjalankan konsep harga mengikuti dari kebutuhan dan kondisi para konsumen, pastilah akan menjadi rujukan dari produk anda.

Apapun hal yang anda tawarkan kepada para konsumen, baik itu produk maupun jasa, ketika mampu menghadirkan warna baru berupa harga yang kompetitif, maka akan mampu mengembangkan bisnis yang anda jalankan. Ketika anda bimbang dan bingung akan pengambilan sebuah keputusan harga, maka carilah sumber ilmu ekonomi mikro agar senantiasa aman.


Baca Juga :