Posted in: Teknologi

AI dan big data akan jadi masa depan e-commerce Indonesia

AI dan big data akan jadi masa depan e-commerce Indonesia

AI dan big data akan jadi masa depan e-commerce Indonesia

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence dan big data disebut akan memegang peranan penting bagi dunia perdagangan elektronik alias e-commerce Indonesia di waktu mendatang.

“Di era Industri 4.0, AI dan big data akan mengubah perilaku retail,” kata Ketua Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia, Roy Nicholas Mandey, saat jumpa pers Future Commerce Indonesia 2019 di Jakarta, Selasa.

Menurut Roy, 95 persen dari sekitar 600 anggota Aprindo sudah bertranfsormasi ke

perdagangan elektronik, hanya 5 persen belum bertransformasi ke platform online karena merupakan pemain lokal dan mereka masih yakin dengan bisnis offline dalam kondisi saat ini.

Aprindo menilai perubahan ke platform ini mengharuskan perusahaan retail untuk

mengubah model bisnis dan menyerap teknologi terkini untuk mengikuti perkembangan zaman dan demi keberlangsungan usaha mereka.

“Masa depan e-commerce ini pasti terjadi,” kata Roy.

Trend perdagangan elektronik ke depan diperkirakan masih akan mengadopsi berbagai jenis teknologi. Jika mengadopsi teknologi, bisnis dapat bertumbuh dan memberikan kontribusi ke negara, kata Roy.

Kecerdasan buatan dan big data ini dapat dimanfaatkan oleh para retailer untuk

mempelajari perilaku konsumen dan memenuhi kebutuhan mereka. Melalui kebiasaan para pelanggan, retail bisa menentukan apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen mereka.

“Semua ini hanya bisa didapat dari big data,” kata dia.

 

Baca Juga :