Ade Inginkan Relawan Bencana Tanggap dan Tangguh
Posted in: Pendidikan

Ade Inginkan Relawan Bencana Tanggap dan Tangguh

Ade Inginkan Relawan Bencana Tanggap dan Tangguh

 

Ade Inginkan Relawan Bencana Tanggap dan Tangguh

Sekretaris Daerah

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat yang sekaligus menjabat sebagai Kepala Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor berharap kepada 39 peserta relawan bencana yang mengikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas Relawan BPBD Kota Bogor menjadi relawan yang tanggap dan tangguh.

Datang ke lokasi

“Untuk datang ke lokasi ini saja diperlukan perjuangan, maka jika pelatihan ini tidak diikuti dengan baik akan sayang sekali. Untuk itu, saya berharap kepada para relawan bencana setelah dilatih menjadi lebih tanggap dan tangguh dalam menanggulangi bencana,” kata Ade saat memberikan sambutannya di Bumi Perkemahan Sukamantri, Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor, Senin (26/02/2018).

Ade mengaku sangat mengapresiasi program ini yang bertujuan melatih para relawan untuk tanggap bencana. Namun ia berkeinginan kedepan pelatihan ini diikuti mininal perwakilan dari setiap kelurahan 10 orang sehingga pesertanya akan lebih banyak.

“Pelatihan ini perlu dirancang lagi kedepan ditunjang dengan anggaran yang memadai. Apalagi Kota Bogor memiliki potensi bencana yang cukup banyak, seperti longsor, banjir kebakaran,” terangnya.

Kota Bogor

Kota Bogor memiliki luas 11.850 hektar dan dari jumlah tersebut banyak wilayah yang padat penduduk sehingga perlu adanya upaya dini mencegah terjadinya bencana.

“Belum lama ini ada kebakaran di Kampung Gudang yang kondisinya padat penduduk. Untuk itu kedepan diperlukan kewaspadaan dalam rangka mencegah terjadinya bencana,” kata Ade.

Ia menginginkan adanya sinergi antara relawan yang ada dengan program Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. Jangan sampai membuat kegiatan dan pelatihan tanpa adanya kesiapan yang baik.

Kota Bogor

“Saya yakin apapun permasalahan di Kota Bogor termasuk penanggulangan bencana tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah saja, tetapi harus ada sinergi dengan semua pihak. Saya juga ingin kedepan di BPBD ada program relawan PKWT seperti yang ada di Dishub, Satpol PP agar BPBD bisa maksimal dalam menjalankan tugasnya,” pungkasnya.

 

Sumber : https://sel.co.id/